Peluang Liverpool Melaju ke Final Liga Champions Hanya 5%

Lionel Messi menghindari kejaran Fabinho (kiri) dan Joe Gomez (kanan) di Stadion camp Nou, Barcelona, Spanyol, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. - Reuters/Susana Vera
04 Mei 2019 05:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Jurnalis olahraga BBC, John Murray, menyebut peluang Liverpool melaju ke final Liga Champions 2018-2019 sangat kecil setelah kalah 0-3 dari Barcelona di leg pertama semifinal.

"Saya akan memberi 5 persen untuk peluang Liverpool di Anfield,” ucap Murray dilansir BBC Sports.

Jika menilik sejarah, prediksi Murray bukannya tanpa dasar. Opta mencatat Barcelona berhasil memenangi 38 dari 42 laga Liga Champions ketika unggul di kandang pada leg I. Blaugrana juga tak pernah kalah tiga gol atau lebih dari tim Inggris sejak kekalahan 0-3 dari Manchester United pada perempatfinal Piala Winners musim 1983/1984.

Meski demikian, Liverpool masih bisa termotivasi atas apa yang dilakukan AS Roma musim lalu. Kalah telak 1-4 di Camp Nou, Giallorossi membuat comeback gemilang setelah menang 3-0 di kandang. Masalahnya, Sadio Mane dkk. tak memiliki gol tandang yang bisa memberi keuntungan di leg II, 8 Mei 2019 mendatang.

Liverpool justru boleh berharap dengan performa para pemain saat ini. Meski kalah dengan skor telak, Mohamed Salah dkk. sejatinya tak tampil buruk. Tim asuhan Jurgen Klopp bisa mendikte permainan dengan penguasaan bola 52% serta mencatatkan 14 percobaan, salah satunya membentur tiang gawang. Jumlah itu lebih baik ketimbang Barca yang mengemas 11 tembakan, satu di antaranya mengenai mistar.

Klopp menilai penampilan timnya saat itu adalah yang terbaik di Liga Champions dua tahun terakhir. Dia bahkan sudah melihat ada kemungkinan untuk membalikkan skor di pertemuan kedua nanti. “Saya bisa bekerja dengan sangat baik berbekal laga ini. Saya akan menunjukkan ke anak-anak apa saja yang mungkin dilakukan [di leg II],” tukas Klopp.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku belum tenang meski unggul 3-0 di leg I. Dia menyebut The Reds mampu menampilkan performa apik sehingga tetap berpotensi membuat mukjizat di pertemuan kedua.

“Kami tidak bisa berbohong, ini selalu hasil yang baik ketika Anda menang dan lawan Anda tidak mencetak gol. Namun kami menderita, masih ada 90 menit lagi dan sementara kami bisa mencetak gol, mereka bisa melakukannya juga,” kata Valverde seperti dikutip Daily Mail.

Sumber : JIBI/Solopos