Piala AFC: Persija Tersingkir di Fase Grup, Pelatih Salahkan Ketiadaan Simic

Ivan Kolev - Antara/Andika Wahyu
01 Mei 2019 22:07 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Langkah Persija Jakarta di Piala AFC 2019 terhenti di fase grup setelah dikalahkan Becamex Binh Duong dengan skor 1-3, Rabu (1/5/2019). Meski masih menyisakan satu laga lagi, Persija tak mungkin melaju ke fase gugur.

Pada pertandingan di Go Dau Stadium, Vietnam, Persija tampil tidak begitu bagus. Gawang Andritany Ardhiyasa terus menerus digempur oleh para pemain tuan rumah Binh Duong.

Alhasil tiga gol bersarang ke gawang Macan Kemayoran yang diciptakan oleh Nguyen Anh Duc (38'), To Van Vu (45'), dan Wander Luiz (51'). Sementara satu gol Persija diciptakan oleh Bruno Matos menit 71.

Pelatih Persija Ivan Kolev menyebutkan ada beberapa penyebab tidak bagusnya penampila timnya di pertandingan tersebut. Salah satunya adalah faktor kelelahan lantaran padatnya jadwal yang dijalani oleh Pasukan Ibu Kota.

“Dari awal kami datang ke sini untuk bisa memenangi laga ini, tetapi dari awal ada beberapa masalah. Salah satunya tim kami kelelahan,” kata Ivan Kolev setelah pertandingan.

“Para pemain terbaik kami mengalami kelelahan. Kami tidak cukup banyak waktu untuk bisa beristirahat dengan baik. Kami menjalani lima pertandingan setiap tiga hari dan itu sangat sulit bagi kami. Sekali lagi bukan tugas mudah memainkan laga seperti itu.”

Selain padatnya jadwal, Kolev mengeluh tidak adanya stok pemain berkualitas yang ada di bangku cadangan. Terutama di lini depan yang masih menjadi masalah besar bagi Macan Kemayoran setelah tidak adanya sosok Marko Simic.

Bambang Pamungkas yang usianya tidak lagi muda, tidak bisa berkontribusi besar untuk Persija saat ini. Silvio Escobar yang digadang-gadang menjadi pengganti Simic juga tidak memuaskan Kolev.

Intinya kami memang bermasalah di depan. Tidak ada Simic memang sedikit jadi masalah.”

Kekalahan dari Becamex Binh Duong ini memperpanjang rekor Persija menelan kekalahan sebanyak lima kali beruntun. Ismed Sofyan dan kawan-kawan juga harus mengubur mimpi mereka kembali berlaga di semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2019 seperti musim lalu.

Persija berada di posisi tiga klasemen Grup G dengan poin empat dan masih menyisakan satu pertandingan lagi kontra Shan United. Posisi pertama ditempati oleh Ceres Negros dengan poin 15 disusul oleh Binh Duong 10 angka.

Sumber : Suara.com