Spurs Ditumbangkan Ajax di Kandang, Pochettino: Kami Belum Tersingkir

Pemain Ajax Amsterdam Donny van de Beek mencetak gol dalam leg pertama semifinal melawan Tottenham Hotspur, Rabu (1/5/2019) dini hari - Reuters/Andrew Couldridge
01 Mei 2019 13:37 WIB Akhirul Anwar & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tottenham Hotspur kalah 0-1 saat menjamu Ajax Amsterdam dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions Eropa di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB. 

Gol semata wayang Ajax dicetak oleh Donny van de Beek pada menit ke-15 setelah menerima asis dari Hakim Ziyech dan lolos dari jebakan off side. 

Tuan rumah Spurs agak kesulitan menembus pertahanan Ajax pada babak pertama.  Ajax lebih banyak menguasai bola. Bahkan, Van de Beek bisa memperbesar keunggulan pada menit 24 namun tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Hugo Lloris.

Peluang Spurs baru terjadi pada menit 26 lewat skema tendangan bebas, tapi sayang sundulan kepala Llorente masih melebar di sisi kiri gawang Ajax. 

Di pengujung babak pertama, Toby Alderweireld juga memiliki peluang lewat sundulan kepala namun masih tinggi di atas mistar gawang. 

Absennya Harry Kane karena cedera dan Son Heung Min sangat berpengaruh terhadap lini serang Tottenham.

Mauricio Pochettino, pelatih Spurs mengubah strategi di babak kedua dengan meningkatkan serangan. Hasilnya penguasaan bola lebih banyak. 

Namun untuk gol tidak kunjung datang. Justru Ajax melalui David Neres pada menit ke 78 tetapi membentur tiang gawang. Secara statistik, tuan rumah kalah penguasaan bola 46% : 54%. 

Dengan hasil ini Spurs harus mengalahkan Ajax minimal selisih satu gol dalam pertandingan leg kedua pada Kamis (9/5/2019) dini hari. 

"Kami memulai laga dengan buruk. Di 20 menit pertama, terlihat kelas kami kekurangan energi. Setelah kebobolan kami mulai membangun permainan dan di babak kedua kami menekan meraka. Namun itu belum cukup. Kami masih punya peluang, kami belum tersingkir dan hanya kalah 0-1. Kami harus yakin bisa mengalahkan Ajax di kandang mereka," ujar Pelatih Spurs Mauricio Pochettino dilansir The Guardian.