Advertisement

La Pulga Menatap Pencapaian Baru Berkat Mendiang Tito Vilanova

Hanifah Kusumastuti
Sabtu, 27 April 2019 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
La Pulga Menatap Pencapaian Baru Berkat Mendiang Tito Vilanova Lionel Messi - Reuters/Jon Nazca

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Lionel Messi menatap pencapaian baru. La Pulga alias si Kutu bakal menggenggam gelar ke-10 La Liga Spanyol dalam kariernya apabila Barcelona menaklukkan Levante, di Camp Nou, Minggu (28/4/2019) dini hari pukul 01.45 WIB.

Sembilan trofi Liga Spanyol telah berhasil dikoleksi Messi bersama raksasa Catalan. Dia hanya perlu satu gelar lagi untuk menggenapinya menjadi 10 biji. Laga melawan Levante sekaligus bakal menjadi momentum milestone Messi dengan Barca, karena itu merupakan pertandingan ke-450 miliknya di Liga Spanyol.

Advertisement

Messi tercatat sebagai penampil terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol dengan 449 pertandingan. Dia melampuai rekor mantan legenda Barca, Andres Iniesta, yang mengoleksi 442 pertandingan di kompetisi kasta tertinggi di Negeri Matador ini. Messi juga masih memegang status sebagai top scorer sepanjang masa Liga Spanyol dengan 416 gol.

Kesuksesan Messi dengan Blaugrana seolah-olah tak tertandingi. Namun, Messi pernah berpikir untuk meninggalkan klub yang dibelanya sejak masih berusia belasan tahun ini. Pemain jebolan La Masia tersebut ragu meneruskan karier dengan Barca setelah raksasa Catalan kalah dari musuh abadi mereka, Real Madrid, pada final Copa del Rey, sekitar lima tahun silam.

Mendiang pelatih Barca, Tito Vilanova, yang akhirnya meyakinkan Messi bertahan. Mantan asisten Josep Guardiola itu meminta Messi tidak hengkang dari Camp Nou hanya selang enam hari sebelum dirinya mengembuskan napas terakhir.

"Itu di momen sulit Tito dan benar saat itu Leo [sapaan Messi] ragu untuk memperpanjang [kontrak]. Mereka kemudian bertemu dan saya tidak berada di sana, namun saya tahu merka menghabiskan berjam-jam untuk diskusi," ujar mantan pelatih Barca, Jordi Roura, seperti dilansir marca.com, Jumat (26/4/2019).

"Saya tidak benar-benar tahu persisnya apa yang mereka ucapkan, namun Leo kemudian memutuskan bertahan dan kami harap itu akan terus berlanjut selama bertahun-tahun nanti," imbuhnya.

Messi tak bisa menampik Vilanova ikut berjasa dalam kesuksesan kariernya. Wajar apabila dalam momen lima tahun setelah Vilanova meninggal dunia, pemain berjuluk La Pulga belum melupakan sosoknya. "Selalu bersama kami," tulis Messi dalam akun Instagramnya sembari mengunggah foto dirinya bersama Vilanova, seperti dikutip tribuna.com. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement