Pakai 4-3-3, Vlado Janjikan PSIM Bermain Menyerang di Liga 2

Vladimir Vujovic - Instagram PSIM Jogja Official
23 April 2019 19:52 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BOGOR—Pergantian pelatih di tubuh PSIM Jogja berimbas kepada penerapan pola baku permainan Laskar Mataram.

Selama beberapa musim terakhir, PSIM Jogja lebih banyak menggunakan formasi 4-2-3-1. Pada kompetisi Liga 2 2019, skema tersebut tidak akan digunakan. PSIM akan berpindah pada 4-3-3.

Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic mengatakan 4-3-3 akan lebih banyak mengandalkan kebugaran pemain dan pemahaman mengenai strategi.

“Saya sudah melihat bagaimana kelemahan PSIM Jogja musim lalu. Saya juga sudah mempelajarinya. Ini jadi bahan saya untuk meracik strategi yang pas. Saya ingin menerapkan pola 4-3-3 dengan permainan menyerang. Namun saya tidak bisa ungkapkan semua di sini,” kata dia kepada Harian Jogja, Senin (22/4/2019).

Keberadaan sejumlah pemain yang bisa ditempatkan di beberapa posisi cukup memudahkan mantan bek Persib Bandung ini untuk meracik strategi alternatif.

Vlado belum mengungkapkan siapa saja yang akan menjadi pemain inti di formasi 4-3-3 ramuannya.

Pelatih asal Montenegro ini hanya memastikan 4-3-3 sudah dimulai diasah sejak penggawa PSIM Jogja menjalani pemusatan latihan di Bogor.

“Sejauh ini ada beberapa yang siap dan ada yang belum,” kata dia.