Kalahkan Sociedad, Barcelona Tinggal Butuh 6 Poin untuk Juarai La Liga

Jordi Alba - Reuters/Juan Medina
21 April 2019 07:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Barcelona tinggal butuh enam poin untuk menyegel gelar La Liga 2018-2019 setelah mengalahkan Real Sociedad 2-1 di jornada ke-33 di Camp Nou, Minggu (21/4/2019) pagi WIB.

Blaugrana menang berkat ketajaman lini belakang. Barca unggul pada menit ke-45, tepat sebelum turun minum, setelah bek tengah Clement Lenglet menanduk umpan sepak pojok dari kompatriotnya sesama orang Prancis, Ousmane Dembele.

Di menit ke-62, Barca yang dominan tersentak gol penyama kedudukan yang dilesakkan Juanmi. Dua menit kemudian, Jordi Alba yang menusuk dari sisi kiri serangan melepaskan tendangan mendatar yang menjebol gawang Geronimo Rulli.

Anak asuh Ernesto Valverde kini mengoleksi 77 angka di puncak klasemen, unggul sembilan nilai dari pesaing terdekatnya, Atletico Madrid.

Dengan lima pertandingan tersisa, Barca cuma butuh enam poin untuk memastikan trofi karena sudah unggul head to head. Barca bisa memastikan gelar sebelum melawan Liverpool di leg pertama semifinal Liga Champions pada 2 Mei.

Dalam enam hari ke depan, Barcelona akan melawat ke kandang Alaves pada Rabu (25/4/2019) dini hari WIB dan menjamu Levante pada Minggu (28/4/2019) dini hari WIB. Jika menang di dia pertandingan ini, Azulgrana pasti juara.

Jordi Alba, pencetak gol kemenangan Barca atas Sociedad, percaya timnya bisa memastikan trofi sebelum melanjutkan petualangan di Eropa.

"Pertandingan kali ini sangat berat setelah tengah pekan lalu kami mengerahkan semuanya untuk mengatasi Manchester United di Liga Champions. Namun, kami bisa melaluinya. Tim ini ingin menyapu semua gelar. Kami harus tetap bekerja keras dan respek terhadap lawan," ucap Alba dikutip Football Espana.

Bek kiri Timnas Spanyol ini adalah pemain belakang yang paling sering terlibat dalam mencetak gol di La Liga musim ini. Alba sudah mencetak dua gol dan memasok asis hingga jornada ke-33.

Barca berpotensi merengkuh treble winner musim ini. Selain berpeluang memenangi La Liga dan Liga Champions, Lionel Messi CS tinggal melakoni laga final Copa Del Rey melawan Valencia, 26 Mei nanti.