De Bruyne Tumbal Kemenangan City

Kevin de Bruyne - Reuters/Andrew Boyers
21 April 2019 01:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester City kembali ke pucuk klasemen Liga Premer Inggris setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 1 - 0, tetapi gelandang serang Kevin de Bruyne tumbang menjelang babak pertama berakhir.

Cedera pemain asal Belgia itu menjadi sedikit ganjalan bagi kegembiraan City merayakan kemenangan. Dia terpaksa digantikan dengan pemain asal Brasil Fernandinho 7 menit menjelang turun minum.

Dalam pertandingan pada Sabtu (20/4/2019) malam WIB di Stadion Etihad di Manchester, satu-satunya gol The Citizens dicetak pemain tengah Phil Foden dengan memaksimalkan assist penyerang Sergio Aguero ketika laga baru memasuki menit ke-5.

Ini gol pertama Foden, yang baru berusia 19 tahun, di ajang Liga Premier. Dia tampil sejak awal laga untuk kedua kali di kompetisi ini, penampilan mengesankan dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Meskipun telah unggul sejak awal pertandingan, City seolah melampiaskan kemarahan akibat ketersingkiran mereka di Liga Champions dengan terus menekan wilayah pertahanan Spurs, tetapi skuat asuhan pelatih asal Spanyol Pep Guardiola gagal menambah gol.

Dengan kemenangan ini, ke-10 beruntun di Liga Primer, perolehan nilai City mencapai 86 atau melebihi 1 poin dibandingkan dengan Liverpool yang merupakan pesaing terdekatnya.

Dengan kedua tim tersebut masing-masing menyisakan empat pertandingan lagi, jika mereka sama-sama terus berhasil menangguk kemenangan, City akan tampil sebagai juara yang berarti mempertahankan geloar yang mereka rengkuh musim lalu.

Sementara itu, bagi Spurs, kekalahan kali ini, yang merupakan ke-11 sepanjang Liga Primer musim 2018 - 2019, tidak mengubah posisi anak asuh pelatih berkebangsaan Argentina Mauricio Pochettino tetap di slot ketiga dengan koleksi 67 angka.

Meski masih di peringkat ketiga, Spurs terancam keluar dari empat besar yang merupakan zona tiket Liga Champions. Di bawah Spurs bercokol Arsenal dan Chelsea masing-masing dengan nilai 66. Artinya, jika kedua tim tersebut berhasil memenangi pertandingan pekan ini, Spurs keluar empat besar.

Tantangan bukan hanya datang dari sesama dua klub London tersebut, melainkan juga dari Manchester United yang kini ada di posisi keenam dengan nilai 64 yang artinya dengan sisa empat laga, masih sangat mungkin untuk mengejar nilai Spurs, yang lima kali kalah dalam delapan pertandingan liga terakhir.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia