Kalah Gol Tandang dari Spurs, City Tersingkir Secara Tragis

Striker Tottenham Hotspur Fernando Llorente - Reuters/David Klein
18 April 2019 04:22 WIB Andhika Anggoro Wening & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manchester City tersingkir secara tragis dari percaturan Liga Champions. City kalah gol tandang dari Tottenham Hotspur.

Pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, The Citizens menang 4-3. Hasil ini tak cukup untuk membawa anak asuh Josep Guardiola melaju ke empat besar. Di leg pertama di Tottenham Hotspur Stadium pekan lalu, City kalah 0-1 sehingga dengan agregat 4-4, City harus tersingkir karena Spurs lebih produktif saat bermain tandang.

Di Etihad, City langsung cepat di menit ke 4 berkat gol dari Raheem Sterling, dan agregat City melawan Spurs menjadi 1-1.

Namun, tak berapa lama lama giliran Spurs yang mencetak gol dalam waktu lima menit. Heung-Min Son memborong dua gol Spurs di menit 7 dan 10 untuk membuat pasukan Mauricio Pochettino unggul 2-1.

Keunggulan Tottenham rupanya hanya bertahan satu menit. Bernardo Silva yang mendapat umpan dari Sergio Aguero dengan dingin menaklukkan kiper Tottenham, Hugo Lloris di menit 11.

Sterling menutup babak pertama lewat golnya di menit 21 memanfaatkan umpan menyusur tanah dari Kevin de Bruyne di menit 21 membuat City berbalik 3-2 dengan agregat 3-3.

Masuk di babak kedua, seperti di awal laga, City langsung menerapkan pressing untuk segera mendapat bola dan menyusun serangan.

Namun peluang pertama di babak kedua malah datang dari kubu Tottenham lewat sundulan Fernando Llorente di menit 58. Bola sundulan pemain asal Spanyol itu dimentahkan kiper City, Ederson.

Setelah terus menyerang, City akhirnya bisa menambah gol untuk mengubah kedudukan menjadi 4-2 lewat tendangan keras Sergio Aguero di menit 59 memanfaatkan asis De Bruyne. City di ambang lolos ke semifinal karena agregat menjadi 4-3. Hingga menit ke 70, Skor City melawan Spurs 4-2.

Spurs kembali menyamakan agregat menjadi 4-4 setelah Llorente mencetak gol di menit 73. Gol ini sempat diprotes karena Llorente dianggap handball. Wasit Cuneyt Cakir akhirnya mengesahkan gol tersebut setelah melihat VAR. Skor City menjadi dengan agregat 4-4.

Dengan kedudukan ini, maka Tottenham berhak melaju ke babak semifinal karena unggul agresivitas mencetak gol di kandang lawan. Namun, di menit ke-93, Sterling menjebol gawang Hugo Lloria setelah memanfaatkan umpan Aguero. Sial bagi City, Cuneyt Cakir mengevaluasi VAR dan mengetahui Aguero sudah berdiri di posisi offside sebelum mengoper bola ke Sterling. Gol dianulir dan hingga empat menit kemudian ketika Cakir meniup peluit panjang, kedudukan tetap 4-3 untuk sahibulbait.

Spurs akan melawan kuda hitam Ajax Amsterdam di semifinal. Ajax adalah kejutan terbesar musim ini yang menyingkirkan dua kandidan juara, Real Madrid dan Juventus, sebelum menapak empat besar.