Akhir Penantian Anak-Anak Tuhan Selama 22 Tahun

Ajax Amsterdam - Reuters/Alberto Lingria
18 April 2019 02:57 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ajax Amsterdam melaju ke semifinal Liga Champions musim ini dan mengakhiri penantian selama 22 tahun.

De Godenzonen (Anak-Anak Tuhan) lolos ke semifinal Liga Champions seusai menyingkirkan tim top Italia, Juventus, dengan agregat 3-2. Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Sementara pada leg kedua di Allianz Stadium, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB, Ajax menang dengan skor 2-1.

Ajax sebenarnya tertinggal lebih dulu pada pertandingan leg kedua tersebut. Cristiano Ronaldo membuat tuan rumah di atas angin lewat golnya pada menit ke-28. Namun, Ajax mampu membalikkan kedudukan melalui Donny van de Beek dan Matthijs de Ligt.

Hasil ini mengantar Ajax ke babak semifinal Liga Champions setelah menunggu sangat lama. Dikutip dari BBC, kali terakhir Ajax melaju ke babak empat besar adalah pada musim 1996/1997 silam. Sementara, kali terakhir Ajax menjuarai Liga Champions adalah pada 1994/1995 silam.

Ajax sendiri sudah empat kali menjadi juara Liga Champions. Kini, mereka mengincar titel kelima. Melejitnya penampilan Ajax sebenarnya cukup mengejutkan. Mengingat, mereka mayoritas diperkuat oleh para pemain muda.

Ajax memang tampil trengginas pada musim ini. Mereka sudah mencetak 155 gol di semua ajang. Jumlah itu menyamai rekor pada musim 2009/2010 yang merupakan jumlah gol terbanyak dalam sejarah klub.

Sumber : JIBI/Solopos