Anak-Anak Tuhan Teruskan Sensasi, Kalahkan Juve untuk Lolos ke Semifinal Liga Champions

Ajax Amsterdam - Reuters/Wolfgang Rattay
17 April 2019 05:22 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ajax Amsterdam, klub dengan julukan Anak-Anak Tuhan, meneruskan sensasi di Liga Champions musim ini. Ajax lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2 setelah di leg  kedua perempat final mengalahkan Juventus 2-1 di Allianz Stadium, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Juventus dalam kondisi pincang karena tidak bisa memasang Mario Mandzukic dan Giorgio Chiellini karena cedera.

Peluang pertama didapatkan oleh Ajax di menit 21, tetapi sepakan Donny van de Beek di dalam kotak penalti Juve masih melambung tinggi.

Juventus kemudian membalasnya dua menit kemudian lewat tendangan  Paulo Dybala. Namun sepakan pemain asal Argentina itu bisa ditangkap kiper Ajax, Andre Onana.

Juventus akhirnya bisa unggul 1-0 di menit 28 lewat gol sundulan Cristiano Ronaldo memanfaatkan umpan pojok Miralem Pjanic. Pemain Ajax sempat melakukan protes karena menganggap ada pelanggaran. Wasit melihat VAR dan menyatakan tidak ada pelanggaran.

Ajax di luar dugaan bisa membalas lewat gol Donny van de Beek di menit 34 yang lolos dari perangkap offside. 

Hingga babak pertama usai, hasil Juventus dan Ajax imbang 1-1.

Masuk di babak kedua, Juventus memasukkan Moise Kean menggantikan Paulo Dybala yang mengalami cedera. Ajax masih mengandalkan pemain yang sama dan serangan balik.

Kiper Juventus Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang di menit 52 dengan menggagalkan peluang emas striker Ajax, Hakim Ziyech dengan tangan kirinya.

Ajax yang di babak 16 besar menyingkirkan Real Madrid dengam agregat 5-3, bermain cemerlang dengan operan satu-dua sentuhan.

Szczesny lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang, kali ini kiper asal Polandia tersebut menepis tendangan melengkung Van de Beek di menit 58. Juventus membalas lewat Kean tiga menit kemudian. Namun sepakan pemain berusia 19 tahun itu menyamping dari gawang Ajax.

Setelah serangan bertubi-tubi, Ajax akhirnya bisa unggul 2-1 atas Juventus di menit 67 lewat sundulan Matthijs de Ligt memanfaatkan sepak pojok Lasse Schoene. Juventus harus mencetak dua gol jika ingin lolos sedangkan Ajax berada di atas angin sekarang ini.

Ajax nyaris unggul 3-1 di menit 74 seandainya David Neres mampu memanfaatkan blunder yang dilakukan Rugani. Sayang tendangan pemain Brasil tersebut tidak menemui sasaran.

Momen besar terjadi di menit 80 saat Ziyech mencetak gol namun dianulir oleh wasit karena terlebih dahulu terperangkap offside. Seandainya gol tersebut disahkan maka Ajax hampir pasti ke semifinal.

Hingga pluit terakhir dibunyikan, Ajax tetap unggul 2-1 dan berhak maju ke babak semifinal melawan pemenangan Tottenham Hotspur atau Manchester City.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia