Dibombardir 47 Tembakan Tanpa Kebobolan, Kiper Empoli Catat Rekor Serie A

Bartlomiej Dragowski - Squawka
16 April 2019 23:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Kiper Empoli Bartlomiej Dragowski mencetak rekor baru Serie A Italia. Dia diberondong 47 tembakan tanpa kebobolan dan melakukan 17 penyelamatan ketika timnya menahan Atalanta 0-0 pada laga giornata ke-18, Selasa (16/4/2019).

Penjaga gawang asal Polandia tersebut, yang merupakan pemain pinjaman dari sesama kontestan Serie A, Fiorentina. Sejak Opta—perusahaan pengoleksi data olahraga—mulai mengumpulkan statistik pada 2004 - 2005, tidak ada penjaga gawang yang melakukan banyak penyelamatan selama satu pertandingan Serie A sebagaimana yang telah dilakukan kiper Timnas Polandia U-21 itu.

Atalanta sangat dominan dalam pertandingan tersebut, meskipun ada beberapa versi yang berbeda tentang berapa banyak upaya yang mereka lakukan.

Football Italia mencatat terdapat 18 tembakan tepat sasaran, tetapi tembakan ke gawang—termasuk yang menyamping—bervariasi dari 32 hingga 47 (tergantung seberapa dekat dianggap cukup dekat dengan sasaran), dengan upaya para pemain Atalanta bisa disebut mencapai 50 percobaan secara keseluruhan.

Sejak 2004 - 2005, pertandingan Serie A dengan upaya terbesar untuk tapi laga tetap berakhir 0 - 0 adalah Genoa versus Juventus pada Maret 2012, dengan total 44 tembakan dari kedua tim.

Gagal Salip Milan

Atalanta gagal memaksimalkan statusnya sebagai tuan rumah. Ini merupakan hasil imbang kedua berturut-turut bagi tim asuhan pelatih Gian Piero Gasperini yang sebelumnya bermain juga tanpa gol di kandang Inter Milan.

Kehilangan empat poin di dua laga terakhir membuat Atalanta gagal menerobos masuk zona tiket Liga Champions Eropa yakni minimal posisi keempat.

Sebenarnya, jika saja mereka mampu memenangi dua pertandingan terakhir, nilai mereka 57 dan menempati peringkat keempat di atas AC Milan.

Kini nilai Atalanta hanya 53 dan berada di setrip keenam klasemen yang merupakan jalur kualifikasi untuk masuk fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub level kedua setelah Liga Champions.

Sementara itu, tambahan 1 angka belum membuat Empoli keluar dari zona merah degradasi. Dengan nilai 29, tim asuhan Aurelio Andreazzoli berada di peringkat 18, teratas di zona degradasi, dengan 2 angka di belakang batas aman.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia