Kursus Kelar, Pelatih PSS Sleman Langsung Fokus Hadapi Liga

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengenakan jersey milik Hendika Arga Permana - Harian Jogja / Jumali
15 April 2019 09:57 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Konsentrasi pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro jelang kick off Liga 1 2019 dipastikan tidak lagi terganggu. Hal ini menyusul telah diselesaikannya program kepelatihan AFC Pro yang telah diikuti oleh pelatih asal Kalasan Sleman ini dalam setahun terakhir.

Sebelum mengakhiri kursus kepelatihan, Seto mengaku harus fokus menghadapi sejumlah rangkaian ujian dalam sepekan terakhir. Salah satunya adalah ujian presentasi, teori dan praktik melatih di lapangan.

"Sudah selesai dan hari ini terakhir untuk pelatihan. Selama seminggu ada tiga ujian, ujian presentasi dua kali, teori sekali dan praktik sekali," kata Seto di Stadion Maguwoharjo, Minggu (14/4/2019) sore.

Pada ujian praktik yang dipantau langsung oleh instruktur kursus kepelatihan AFC Pro, Seto mempraktikkan tentang materi serangan balik. Meski sekilas Bagus Nirwanto dan kawan-kawan tidak mengalami kesulitan dengan materi latihan ini, namun Seto melihat jika latihan ini perlu ditingkatkan.

"Selama ini kami terbiasa bermain ball possession, jadi kita perlu latihan lagi dan yang penting pemain paham. Inilah salah satu materi penilaian dari AFC yang topiknya sesuai program saya," ungkap Seto.

Di sisi lain, keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mewajibkan setiap kontestan Liga 1 2019 memiliki tujuh pemain U-23 membuat PSS Sleman harus merombak skuatnya.

Kurang dari sebulan jelang kick off 8 Mei mendatang, PSS Sleman baru memiliki empat pemain U-23. Padahal, saat ini skuat Super Elang Jawa sudah memiliki 29 pemain. Adapun empat pemain berusia U-23 tersebut adalah Irsan, Sidik Saimima, Arie Sandy dan Irkham Zahrul Milla.

"Kami baru punya empat pemain dari total tujuh pemain yang disyaratkan. Rencana kami akan pinjamkan beberapa pemain, dan kami juga akan datangkan beberapa pemain untuk melengkapi kuota tersebut," kata Seto.

Menurut Seto, saat ini dirinya tengah menginventarisasi kebutuhan pemain untuk melengkapi kuota U-23. Sejauh ini selain posisi gelandang, PSS membutuhkan tambahan pemain U-23 di posisi bek dan sayap. "Nama-nama sudah ada, nanti akan kami komunikasikan dengan manajemen agar segera bisa didatangkan," ucap Seto.