United Paling Sering Dihadiahi Tendangan Penalti

Paul Pogba - Reuters/Peter Powell
15 April 2019 04:57 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manchester United menjadi tim yang paling sering mendapat hadiah penalti di Liga Premier musim ini. Dalam catatan Squawka, Setan Merah ini sudah 12 kali diberi hadiah penalti oleh wasit. Satu-satunya tim yang mendekati United dalam urusan memperoleh hadian penalti adalah Crystal Palace, dengan 11 kali.

Memang tidak semua penalti itu membuahkan gol untuk Setan Merah. Dari 12 hadiah penalti itu, "hanya" sembilan yang menjadi gol. Dua gol dari titik putih milik Setan Merah antara lain mereka lesakkan ketika menundukkan West Ham United 2-1 di Old Trafford, Manchester, Sabtu (13/4/2019) malam WIB.

Dua-duanya dieksekusi Paul Pogba. Pogba pun tercatat sebagai pencetak gol penalti terbanyak di Liga Inggris musim ini. Total, sudah tujuh gol yang dilesakkan gelandang berpaspor Prancis tersebut dari titik putih. Dia hanya kalah dari pemain Palace, Luka Milivojevic, yang menceploskan 10 gol dari tendangan 12 pas di Liga Premier 2018/2019.

Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, tanpa malu-malu menyebut hadiah penalti itu menyelamatkan timnya dari kekalahan saat melawan West Ham. Sebelumnya, West Ham sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tertinggal gol penalti pertama Pogba pada babak pertama, dengan gol Filipe Anderson pada menit ke-49.

Namun wasit Graham Scott kembali menunjuk titik putih ketika pemain United, Anthony Martial, mendapat pelanggaran di kotak terlarang ketika pertandingan tinggal menyisakan 10 menit. Pogba pun dengan percaya diri melesakkan gol dari titik putih untuk kali kedua di laga ini sekaligus membawa United menang 2-1.

"Mereka [West Ham] bermain lebih baik ketimbang kami, itu sesuatu yang adil untuk dikatakan, saya berpikir semua orang setuju. Terkadang kami kalah ketika kami seharusnya menang, hal itu bisa saja terjadi," jelas Solskjaer, seperti dilansir Reuters.

Sementara Manajer West Ham, Manuel Pellegrini, terpukul karena menilai timnya tidak pantas kalah. "Kami harusnya bisa dapat hasil lebih baik. Saya senang melihat pemain-pemainku bermain melawan Manchester United seperti mereka bermain di kandang sendiri," ungkap Pellegrini.

Kemenangan melawan West Ham tidak hanya menjaga United tetap berada di persaingan zona Big Four. Ini membuat kepercayaan diri Marcus Rashford dkk. kembali pulih sebelum mereka melawat ke markas Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. 

Sumber : JIBI/Solopos