Sayap-Sayap Manchester City Bersaing Sengit

Riyad Mahrez - Reuters/John Sibley
30 Maret 2019 17:07 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJAKedalaman skuat Manchester City nyaris tak tertandingi tim lain. Skuat arahan Josep "Pep" Guardiola memiliki beberapa pemain pelapis yang top di setiap posisi, terutama di bagian sayap.

Di musim ini, Guardiola memiliki setidaknya lima pemain yang piawai beroperasi di sayap, yakni Raheem Sterling, Leroy Sane, Bernardo Silva, dan Riyad Mahrez. Kelima-limanya pun bisa dimainkan di sisi sayap kanan maupun kiri, bahkan sesekali juga difungsikan sebagai gelandang tengah.

Sterling dan Sane sebagai pemain yang paling sering diacak untuk sayap kanan atau kiri. Guardiola beberapa kali memainkan Sterling di kanan dan Sane di kiri. Namun, Sane kehilangan posisinya di starting XI The Citizens dalam dua laga terbaru di Liga Premier, karena Guardiola melukir Sterling ke kiri dan menurunkan Bernardo Silva atau Mahrez di kanan.

Sane hanya duduk di bangku cadangan selama 90 menit penuh ketika City menang 1-0 di markas Bournemouth. Pemain yang menyokong 14 gol dan 13 assist untuk City di semua kompetisi musim ini itu juga baru dimainkan di menit ke-64 ketika Manchester Biru menang 3-1 melawan Watford di Etihad Stadium.

Nah, setelah tercoret dari starting XI dalam dua laga terbaru City di Liga Premier, Sane mendapat dukungan fans untuk kembali bermain sejak menit awal ketika pasukan Guardiola melawat ke markas Fulham di Craven Cottage, London, Sabtu (30/3/2019) pukul 19.30 WIB. Pemain Muda Terbaik PFA musim lalu tersebut mendapat suara 95% agar kembali ke line-up City dalam jajak pendapat yang diadakan Manchester Evening News. Total, terdapat 604 suporter The Citizens yang mendapat kesempatan mengikuti polling ini.

Dukungan suporter City itu tak lain karena Sane bersinar bersama Timnas Jerman pada jeda internasional. Jadi bukan hanya Raheem Sterling pemain City yang tampil gemilang saat break internasional selama dua pekan terakhir. Sane membuka skor Jerman ketika menundukkan Belanda 3-2 pada Kualifikasi Euro 2020, Senin (25/3/2019) dini hari WIB.

Penampilannya bersama Jerman itu bisa menjadi pertimbangan Guardiola mengembalikan Sane ke posisi starter klubnya. Bisa jadi, Sane akan kembali mengisi sayap kiri City, sedangkan Sterling dikembalikan ke kanan dan Bernardo Silva berada di belakang Sterling. Adapun Mahrez kemungkinan hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

"Leroy, saya pikir, ia pemain terbaik di dunia yang bermain di sayap dan membuat kami bisa berlari dari belakang, serta aksi-aksi semacam itu. Kami lebih senang menurunkannya di posisi dia sangat tangguh. Dia kuat, saya yakin pemain sayap, harus satu lawan satu. Dan saya pikir di posisi itu, dia pemain yang luar biasa," jelas Guardiola ketika Sane dimainkan melawan Schalke pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions lalu, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk, Jumat (29/3/2019).

Sumber : JIBI/Solopos