Preview Juventus Vs Empoli: Bianconeri Bisa Tetap Perkasa meski Tanpa Ronaldo

Paulo Dybala - Reuters/Alberto Lingria
30 Maret 2019 16:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com—Juventus sebenarnya tak perlu waswas ketika menjamu Empoli. Di papak klasemen sementara, Nyonya Tua unggul hingga 50 poin dari Empoli, tim yang berdiri sejak 1920 itu.

Namun, Juventus, dilarang jemawa karena mereka tidak akan diperkuat Cristiano Ronaldo. Top scorer Juve tersebut menderita cedera hamstring saat membela Portugal pada kualifikasi Euro 2020 dalam jeda internasional ini. Ronaldo memperkirakan dirinya bakal absen satu hingga dua pekan ke depan.

Kali terakhir Juve tak diperkuat Ronaldo, mereka kalah telak 0-2 di markas Genoa, sebelum jeda internasional. Hasil minor itulah yang bisa membuat tantangan Juve untuk membuktikan mereka tidak selamanya bergantung pada Ronaldo saat menjamu Empoli pada giornata ke-29 Serie A di Allianz Stadium, Turin, Minggu (31/3/2019) pukul 00.00 WIB (disiarkan langsung Bein Sports 3).

Pelatih Juve, Massimiliano Allegri, memastikan Ronaldo tidak akan turun melawan Empoli. Dia bahkan menyebut CR7 terlalu riskan dimainkan di markas Ajax pada leg pertama perempat final Liga Champions, pertengahan April nanti.

"Cristiano oke, dia mulai bergerak sedikit demi sedikit, dia lebih baik tidak turun dalam satu laga atau lebih selama dua bulan musim ini. Ronaldo akan kembali hanya ketika dia baik-baik saja. Ronaldo akan diperiksa Senin dan dia akan dievaluasi. Risiko untuk laga Ajax versus Juve sangat tinggi dan Cristiano tahu itu, yang pasti jika dia belum pulih saat laga di Amsterdam dia tahu dia harus istirahat. Saya tidak ingin ambil risiko musim ini hanya karena satu laga," ujar Allegri, seperti dilansir calciomercato.com, Jumat (29/3/2019).

Nah, Juve sepertinya harus terbiasa tanpa CR7. Lantas siapa yang harus diplot sebagai penggantinya? Allegri bisa jadi akan menurunkan Paulo Dybala, Mario Mandzukic, dan Federico Bernardeschi sebagai tredente di lini depan Juve. Tapi di sisi lain, Allegri sepertinya tidak akan mengabaikan begitu saja pemain remajanya, Moise Kean, untuk bermain di antara Mandzukic dan Bernardeschi.

Kean terus panen pujian, terutama setelah tampil cemerlang bersama Timnas Italia pada jeda internasional. Kean juga menyokong dua gol meski hanya bermain empat laga di Seri-A musim ini. Hanya, Allegri tidak ingin penyerang berusia 19 tahun itu merasa besar kepala.

"Kalem, satu per satu. Dia mencetak gol, ke gawang Lichtenstein [bersama Timnas Italia] dan dia sekarang siap terlihat seperti Ronaldo atau Messi. Fokusku saat ini, dia harus kembali dari sorot media," jelas Allegri.