Preview Barcelona vs Espanyol: Hegemoni Blaugrana Masih Berlanjut

Lionel Messi - Reuters/Albert Gea
30 Maret 2019 15:17 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona di atas kertas masih terlalu kuat untuk rival sekotanya, Espanyol. Ketika keduanya bertemu dalam Derbi Barceloni di Camp Nou, Barcelona, Sabtu (30/3/2019) pukul 22.15 WIB, sahibulbait kemungkinan besar bakal menang.

Maklum, Barca sangat superior dalam lima pertemuan terbaru dalam derby yang mempertemukan dua klub Catalan ini. Los Blaugrana, julukan Barca, selalu menang dan mengemas 21 gol serta hanya kebobolan satu gol.

Alasan lain kenapa Barca difavoritkan karena Lionel Messi dkk. sangat moncer saat bermain di kandang. Tak tanggung-tanggung, Barca mampu melesakkan dengan 42 gol dalam 14 pertandingan terbaru Liga Primera di Camp Nou.

Sebaliknya, Espanyol memiliki rekor mengenaskan dalam laga away mereka di Liga Primera musim ini. Espanyol hanya menang sekali dalam 14 pertandingan tandang, terburuk di antara tim-tim lain di Liga Primera 2018/2019. Satu-satunya kemenangan tandang itu diukir Espanyol ketika melawat ke markas tim juru kunci, Huesca, pada Oktober silam.

Namun, bukan berarti Barca tidak memiliki kelemahan menjelang duel melawan tetangga mereka. Para pemain raksasa Catalan terancam kelelahan setelah membela negara masing-masing pada jeda internasional. Seperti dilansir situs resmi Barca (fcbarcelona.com), Jumat (29/3/2019), sembilan pemain Blaugrana kembali ke klub setelah membela negara masing-masing, yakni Marc Andre ter Stegen, Jasper Cillessen, Nelson Semedo, Ivan Rakitic, Jean-Clair Todino, Alena, Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, dan Lionel Messi.

Kondisi Messi paling membuat cemas karena dia sempat dilaporkan mengalami cedera saat membela Argentina melawan Venezuela pada partai persahabatan di Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (23/3/2019) WIB. Meski bermain 90 menit, Messi gagal menghindarkan Argentina dari kekalahan telak 1-3 dari Venezuela. Padahal, itu menjadi momentum comeback Messi ke Timnas Argentina setelah lama absen sejak Piala Dunia 2018.

Sepertinya Derbi Baceloni menjadi kesempatan Messi untuk kembali "bersenang-senang" di lapangan. Bomber berjuluk La Pulga ini mengemas brace pada Derby Barceloni pertama musim ini di kandang Espanyol. Total, Messi melesakkan 23 gol dalam 27 duel melawan Espanyol di semua kompetisi sepanjang kariernya.

Messi juga dalam suasana berbunga-bunga karena golnya ke gawang ke gawang Getafe pada semifinal Copa del Rey pada 2006/2007 dinobatkan sebagai gol terbaik sepanjang sejarah Blaugrana. Gol yang dicetak lewat aksi solo run yang memukau itu mendapatkan suara sebanyak 45 persen dalam polling yang digelar Barca dengan diikuti lebih dari 500.000 penggemar.

"Ini membuatku bisa sedikit menambah lagi sejarah Barcelona," ujar Messi saat mengetahui terpilih sebagai pencetak gol terbaik sepanjang sejarah klubnya, seperti dilansir sport.es.

Sumber : JIBI/Solopos