Southgate Puji Sterling Setinggi Langit

Penyerang Inggris Raheem Sterling (kedua kiri) dijepit dua pemain Republik Cheska sehingga menghasilkan penalti yang sukses dieksekusi Harry Kane. - Reuters/Hannah McKay
23 Maret 2019 17:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Hariabjigja.com, JOGJA – Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate memuji Raheem Sterling setinggi langit setelah penyerang Manchester City itu mencetak hattrick internasional pertamanya kala Inggris menang 5-0 atas Republik Cheska dalam laga Kualifikasi Euro 2020, Sabtu (23/3/2019).

Jadon Malik Sancho dan kapten Harry Kane tampil luar biasa, tetapi Sterling yang berhasil mencuri perhatian dengan mencetak tiga gol.

Pemain 24 tahun itu menunjukkan insting pemburu untuk mengubah umpan silang Sancho setelah 23 menit dan ia kemudian menjadi pemicu yang memaksa pemain Cheska memberi penalti untuk Inggris yang sukses dieksekusi Kane. Sterling menjebol gawang tamu dua kali dalam 7 menit pada babak kedua.

"Saya pikir Raheem adalah listrik sepanjang malam. Dia tampak seperti itu sepanjang pekan dalam pelatihan. Saya senang, ini malam istimewa baginya," kata manajer Southgate.

"Saya pikir dia benar-benar matang sebagai pribadi dan pemain bola. Dia haus gol, instingnya bagus tanpa perlu berpikir terlalu banyak."

Sterling memerlukan proses panjang untuk meraih pujian sebagai pemain Timnas Inggris. Dia menantikan waktu seperti ini sejak 2012 ketika masih membela Liverpool.;

Kapasitasnya juga dipertanyakan ketika Inggris tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2016, kalah dari “tim antah berantah” Islandia 1 - 2 meski sempat unggul lebih dulu 1 - 0 sejak menit ke-2. Gol pertamanya untuk Timnas Inggris pun tidak tiba sampai penampilannya yang ke-14.

Bahkan pada Piala Dunia tahun lalu masih ada keraguan tentang kepantasan Sterling membela timnas ketika ia digantikan dalam kemenangan pembuka Inggris melawan Tunisia.

Southgate sekarang menuai penghargaan karena menjaga kepercayaan terhadap Sterling yang akhirnya membuktikan bahwa dia memang pantas berseragam Three Lions.

Sumber : Reuters