Advertisement

Hasil Kualifikasi Euro 2020

M. Syahran W. Lubis
Sabtu, 23 Maret 2019 - 10:57 WIB
Budi Cahyana
Hasil Kualifikasi Euro 2020 Penyerang Timnas Inggris Raheem Sterling (kanan) merayakan hattrick-nya ke gawang Republik Cheska, disaksikan bek Ben Chilwell. - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Inggris dan Prancis memulai perjuangan di kualifikasi Piala Euro 2020 dengan kemenangan besar, sedangkan langkah juara bertahan Portugal tertahan di kandang.

Di Stadion Wembley di London, Inggris, dalam laga Grup A pada Sabtu (23/3/2019) pagi WIB, tuan rumah menghabisi Republik Cheska lima gol tanpa balas, ditandai hattrick Raheem Sterling.

Advertisement

Sterling membuka skor pada menit ke-24. Inggris unggul 2-0 saat rehat berkat tambahan gol penalti kapten tim Harry Kane saat injury time babak pertama.

Pada babak kedua, Sterling menambah dua gol lagi pada menit ke-62 dan 68, serta satu lainnya akibat bunuh diri pemain belakang Republik Cheska Tomas Kalas tujuh menit menjelang pertandingan selesai.

Dalam pertandingan lain di Grup A, tuan rumah Bulgaria dipaksa imbang Montenegro dengan skor 1 - 1 di Stadion Vasil Levski di Sofia.

Sementara itu di Grup H, juara dunia Prancis meremukkan tuan rumah Moldova di Stadion Zimvru di Chisina dengan skor 4 - 1.

Prancis sempat unggul 4 - 0 lewat gol-gol Antoine Griezmann (24’), Raphael Varane (27’), Olivier Giroud (36’), dan Kylian Mbappe (87’), sedangkan gol tuan rumah dijaringkan Vladimir Ambros (89’).

Dua pertandingan lainnya di Grup H, dua tamu sama-sama menang 2 - 0. Islandia merontokkan tuan rumah Andorra, sedangkan Turki menang di Albania.

Hasil tak elok diraih juara bertahan Portugal di Stadion Benfica di Lisbon setelah dipaksa imbang tanpa gol oleh tamunya Ukraina di Grup B meskipun menguasai bola hingga sekitar 60 persen.

Hasil pertandingan lainnya di Grup B, Luksemburg menundukkan tamunya Lithuania dengan skor tipis 2 - 1.

Terdapat 55 tim yang akan berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang akan digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di UEFA Nations League musim 2018 – 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement