Jordi Alba Ingin Sempurnakan Kado Ulang Tahun

Jordi Alba - Reuters/Susana Vera
23 Maret 2019 17:07 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bek kiri Jordi Alba baru saja berulang tahun ke-30, Kamis (21/3/2019). Dia mendapat kado manis berupa panggilan ke skuat Timnas Spanyol.

Full-back Barcelona tersebut merasa tersanjung karena masih dipercaya memperkuat tim berjuluk La Furia Roja untuk laga melawan Norwegia dan Malta pada Kualifikasi Euro 2020. Spanyol bakal menjamu Norwegia di Mestalla, Valencia, Minggu (24/3/2019) dini hari WIB, dan melawan Malta empat hari kemudian.

"Ketika Luis Enrique memanggilku untuk kali pertama, saya merasa ada kupu-kupu terbang di sekitarku seperti halnya ketika saya dipanggil kali pertama saat masih di Valencia. Setelah saya tidak masuk dalam dua laga awal [Enrique menangani Spanyol], mungkin saya perlu mendapatkan dukungan lebih," jelas Alba, seperti dilansir tribunna.com, Jumat (22/3/2019).

Alba memang sempat tak masuk skuat Spanyol di awal kepelatihan Enrique. Rumor berembus pencoretan Alba dari skuat Spanyol karena ketidakhamornisannya dengan Enrique saat menangani Barca pada 2014-2017. "Kami memiliki hubungan yang sangat baik, di Barcelona maupun di sini [Timnas Spanyol]," ungkap Alba membantah isu miring tentang dirinya dengan Enrique.

Enrique juga menanggapi dengan dingin isu keretakannya dengan Alba yang sempat diembuskan media-media Spanyol. "Saya tidak menentukan pilihan hanya karena tidak disukai orang-orang. Ini bukan berarti saya tidak mempertimbangkan opini orang, namun karena saya tidak membiarkan orang lain memengaruhi pilihanku," jelas Enrique tegas.

Hanya, Alba tidak akan mudah masuk ke starting XI milik Enrique kali ini. Lucho, sampaan Enrique, memanggil lima pemain yang bisa berperan sebagai full-back. Selain Alba, masih ada Juan Bernat, Jesus Navas, Sergi Roberto, dan Jose Gaya. Khusus di full-back sisi kiri, dia akan bersaing sengit dengan Gaya.

Alba tentu ingin menyempurnakan kado ulang tahunnya dengan membawa Spanyol menang jika dimainkan. Alba harus mengawal ketat para penyerang Norwegia agar timnya tidak kebobolan. Salah satunya bomber Norwegia, Josh King.

Penyerang Bornemouth itu mengaku tak takut dengan barisan pertahanan Spanyol, termasuk melawan Sergio Ramos yang dikenal kontroversial. "Saya bermain di liga tersulit di dunia [Liga Premier], di mana itu terjadi setiap akhir pekan. Dia sudah biasa begitu, juga dengan saya, jadi saya akan bersikap seperti biasanya," ujar King, seperti dikutip empierofthekop.com.