Punya Penyerang Mematikan, Bagaimana Formasi Lini Depan Inggris di Kualifikasi Euro 2020?

Harry Kane - Reuters/Carl Recine
22 Maret 2019 12:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lini serang menjadi kekuatan utama Timnas Inggris saat ini. Harry Kane, Raheem Sterling dan Marcus Rashford menjadi jaminan ketajaman di lini depan.

Kehadiran penyerang muda bertenaga macam Callum Hudson Odoi dan Jadon Sancho, Gareth Southgate jelas punya opsi lebih untuk mengotak-atik lini. 

Inggris akan menghadapi Republik Cheska pada laga perdana Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Wembley, Sabtu (23/3/2019). Cheska menjadi ujian pertama mereka untuk membidik pucuk klasemen grup sekaligus tiket otomatis ke Euro 2020. Demi meraih kemenangan, para pemain andalan pun siap diandalkan termasuk pilar-pilar mumpuni di lini depan.

Berikut empat alternatif kombinasi lini serang Inggris yang bisa dipakai saat melawan Republik Cheska seperti dikutip dari Squawka, Kamis (21/3/2019):

1. Trio Mapan (Sterling-Kane-Rashford)

Dinamis dan punya daya ledak luar biasa. Ketiganya total sudah mengemas 55 gol bagi timnya musim ini.

2. Muda Secepat Kilat (Sancho-Rashford-Hudson Odoi)

Jika trio mapan mengalami deadlock, opsi ini sangat mungkin diandalkan. Kecepatan Sancho dan Odoi bisa membuat bek lawan yang mulai lelah menjadi keteteran.

3. Dele Sang Penghancur (Sterling, Alli, Rashford; Kane)

Opsi ini ideal apabila Southgate menggunakan formasi 4-2-3-1. Peran Dele Alli sebagai playmaker sekaligus striker bayangan menjadi elemen utama dalam pilihan ini.

4. Partner Baru (Wilson-Kane)

Jika Southgate memutuskan untuk bermain seimbang dengan formasi 4-4-2, duo Harry Kane dengan Callum Wilson bisa dicoba. Namun kecenderungan keduanya yang sama-sama target man berpotensi membuat lini depan tumpul apabila lini sayap kurang mendukung.

Sumber : JIBI/Solopos