Advertisement

Preview Belanda Vs Belarusia: De Oranje Meneruskan Kebangkitan

Hanifah Kusumastuti
Kamis, 21 Maret 2019 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Preview Belanda Vs Belarusia: De Oranje Meneruskan Kebangkitan Belanda - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sejak menjadi semifinalis Piala Dunia 2014, Belanda terjun bebas menjadi tim medioker.  De Oranje gagal lolos ke dua turnamen mayor secara beruntun, Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Belanda kemudian berubah di bawah kepelatiha Ronald Koeman dan berusaha menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Di UEFA Nations League 2018-2019, Virgil van Dijk dkk. memastikan lolos ke putaran final setelah mengungguli juara Piala Dunia 2018, Prancis, pada klasemen akhir Grup 1 Liga A.

Advertisement

Di level klub, Belanda juga menunjukkan taring. Ajax secara sensasional menyingkirkan juara tiga kali beruntun, Real Madrid, dari babak 16 besar Liga Champions dengan agregat 5-3. Ajax yang kalah 1-2 pada leg pertama di kandang mampu bangkit dengan mempermalukan Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) WIB lalu.

De Oranje mendapatkan momentum bagsu menjelang Kualifikasi Euro 2020. De Oranje akan memulai kampanye meraih tiket ke Euro 2020 dengan melawan Belarusia pada Grup C di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Jumat (22/3) pukul 02.45 WIB.

Tim asuhan Koeman diperkuat beberapa pemain yang sedang melejit di klub masing-masing. Di antaranya duo anak muda Ajax, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt. Plus bek jangkung Virgil van Dijk yang menjadikan Liverpool sebagai tim dengan pertahanan paling tangguh di Liga Premier Inggris musim ini.

Sayang, De Jong disebut-sebut tidak dalam kondisi bugar menjelang duel melawan Belarusia. Gelandang yang telah meneken kontrak dengan Barcelona untuk musim depan tersebut absen saat Ajax mengalahkan PEC Zwolle, tengah pekan lalu. De Jong baru kembali memperkuat Ajax saat timnya kalah melawan AZ Alkmaar, akhir pekan lalu.

Namun, Koeman yakin De Jong sudah kembali bugar untuk diandalkan melawan Belarusia plus kontra Jerman, Senin (25/3/2019) dini hari WIB. Koeman juga meminta Pelatih Ajax, Erik ten Hag, tak perlu cemas jika De Jong turun membela Belanda.

"Saya paham kondisi Frenkie, dia bermain tanpa komplain. Saya bicara kepada semua pelatih [klub] tentang kualifikasi [Euro 2020] ini. Kami tidak akan ambil risiko untuk pemain saat kembali ke klub mereka dengan cedera, namun rasa sakit bagian dari sepak bola. Para pelatih [klub] paham kami tidak mencoba mengganggu siapa pun. Jika pemain menunjukkan mereka bisa tampil saat latihan, kami akan mempersiapkan mereka main," jelas Koeman, seperti dilansir football-oranje.com, Rabu (20/3).

Bukan hanya pemain langganan starter di klub masing-masing yang mendapat panggilan Koemen masuk skuat De Oranje kali ini. Winger Memphis Depay yang belakangan kurang mendapat tempat utama di klubnya, Lyon, juga mendapat panggilan memperkuat Belanda.

"Ketika saya dicoret terkandang itu menggangguku, namun saya akan tunjukkan kepada mereka [Lyon]. Sekarang kami bersama Timnas Belanda. Ini datang di waktu yang tepat," jelas Depay. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement