Advertisement

Undang Erdogan ke Pesta Pernikahannya, Ozil Kembali Memancing Kontroversi

Hanifah Kusumastuti
Rabu, 20 Maret 2019 - 20:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Undang Erdogan ke Pesta Pernikahannya, Ozil Kembali Memancing Kontroversi Mesut Ozil - Reuters/John Sibley

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Mesut Ozil sudah setangah tahun pensiun dari Timnas Jerman dengan penuh kepahitan. Pemain berjuluk Si Burung Hantu ini hengkang dari panggung dari sepak bola internasional karena merasa menjadi korban rasisme di Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Ozil menjadi sasaran cemoohan sejak berfoto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di London, Mei 2018. Meski sudah setengah tahun berlalu, percikan permusuhan Ozil dengan Jerman belum reda. Padahal playmaker Arsenal itu juga sudah tidak tinggal di Jerman lagi. Hal itu bermula setelah Ozil memajang fotonya dan tunangannya, Amine Gulse, yang bertemu dengan Erdogan di bandara Istanbul, pekan lalu.

Advertisement

Sebuah laporan menyebutkan Ozil mengundang Erdogan sebagai tamu kehormatan di pesta pernikahannya yang bakal digelar tahun ini. Koran terlaris Jerman, Bild, bahkan melaporkan sikap Ozil mengirimkan undangan pernikahan untuk Erdogan itu di halaman depan mereka.

Orang-orang Jerman, termasuk kalangan politikus, tidak tinggal diam dengan sikap Ozil. Kekecewaan itu juga muncul dari orang-orang di sekitar Perdana Menteri Jerman, Angela Merkel. "Fakta ini akan mengecewakan banyak fans sepak bola, termasuk saya," ujar Kepala Staf Merkel, Helge Braun, kepada wartawan, seperti dilansir telegraph.co.uk, Selasa (19/3/2019).

Belum lama ini, Ozil juga menjukkan simpatinya atas pencoretan Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Muller dari skuat Jerman. Pelatih Jerman, Joachim Low, memutuskan untuk tidak memberi tempat lagi bagi Boateng, Hummels, dan Muller dari timnya. Padahal bersama Ozil, ketiganya pernah membawa Jerman sukses menjuarai Piala Dunia 2014.

"Semangatlah kawan, sejak awal memulainya di tim nasional junior, kami merayakan banyak momen spesial bersama. Kamu benar-benar sahabat sejati dan sosok hebat di dalam dan luar lapangan. Saya merasa sedikit pemain terbaik Jerman dalam satu dekade harus meninggalkan tim nasional dengan cara seperti ini @jeromeboateng #Danke #M10," tulis Ozil sebagai caption saat mengunggah fotonya dengan Boateng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement