Hasil Liga Europa: Arsenal Melaju, Inter & Sevilla Tersingkir

Para pemain Arsenal merayakan gol ketiga ke gawang Stade Rennais. - Reuters/David Klein
15 Maret 2019 10:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Arsenal bangkit dari kekalahan di leg pertama dan memenangi leg kedua 16 besar Liga Europa dengan skor telak pada Jumat (15/3/2019) pagi WIB di Stadion Emirates di London.

The Gunners menghantam tamunya Stade Rennais (Prancis) 3 - 0 dan melaju ke perempat final dengan skor agraget 3 - 2 setelah di leg pertama di Rennais pekan lalu kalah 0 - 2.

Dua dari tiga gol Arsenal dicetak Piere-Emerick Aubameyang pada menit ke-5 dan 72, sedangkan satu lainnya dikontribusi Ashley Maitland-Niles pada menit 15 dengan asis Aubameyang.

Kesuksesan membalikkan kekalahan di leg pertama menjadi kemenangan lebih besar di leg kedua juga dicatat anak asuh Unai Emery itu di 32 besar. Ketika itu Arsenal dikalahkan klub Belarusia BATE Borisov di leg pertama 0 - 1, tapi bangkit dengan menang besar 3 - 0 saat menjadi tuan rumah di leg kedua.

Hasil sebaliknya yang sangat buruk justru dicatat wakil Serie A Inter Milan yang di leg pertama pekan lalu mampu menahan imbang 0 - 0 tuan rumah Eintracht Frankfurt, tetapi malah kalah 0 - 1 ketika bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan.

Satu-satunya gol tim tamu yang datang dari Jerman dilesakkan ujung tombak Luka Jovic ketika pertandingan baru memasuki menit ke-5.

Kesuksesan melaju ke perempat final juga menjadi milik wakil La Liga Spanyol Villarreal yang menekuk tamunya dari Rusia, Zenit St. Petesburg, dengan skor tipis 2 - 1 di leg kedua.

Dua gol tuan rumah berjuluk Kapal Selam Kuning dalam pertandingan di Stadion De La Ceramica (El Madrigal) Gerard Moreno (29’) dan Carlos Bacca (47’), sedangkan gol tamu dilesakkan Branislav Ivanovic saat laga memasuki injury time babak kedua.

Dengan demikian, Villarreal melaju ke 8 besar dengan kemenangan agregat 5 - 2 karena di leg pertama di Rusia justru menang lebih besar, 3 - 1.

Sementyara itu, klub Republik Cheska Slavia Praha menang dramatis atas Sevilla, wakil La Liga Spanyol, dengan skor 4 - 3 di leg kedua lewat perpanjangan waktu.

Setelah di leg pertama di Sevilla skor imbang 2 - 2, dalam pertandingan leg kedua di Stadion SZinobo di Praha skor juga 2 - 2 hingga laga 90 menit usai.

Dua kali Slavia Praha unggul, tetapi dua kali pula Sevilla mampu menyamakan kedudukan. Michael Ngadeu-Ngadjui membuka keunggulan Slavia pada menit ke-14 dan dibalas penalti Wissam Ben Yedder semenit menjelang turun minum.

Pada babak kedua, baru berjalan semenit, giliran tuan rumah yang mendapat hadiah penalti dari wasit Aliaksei Kulbakov (Belarusia). Tomas Soucek sukses mengeksekusi tendangan 12 pas dan tuan rumah unggul lagi 2 - 1.

Namun, hanya 8 menit kemudian, Munir El Haddadi Mohamed berhasil mencetak gol balasan kedua untuk Sevilla, skor 2 - 2.

Skor 2 - 2 bertahan hingga 90 menit sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit. Di babak tambahan ini, Sevilla sempat berbalikl unggul lewat gol Franco Vazquez pada menit ke-98.

Namun, hanya berselang 3 menit kemudian, Slavia mampu menyeimbangkan kedudukan menjadi 3 - 3 lewat gol Mick van Bouren. Saat tambahan waktu menyisakan 1 menit lagi, Slavia berhasil menambah sebiji gol lagi melalui kontribusi Ibrahim Traore sehingga skor akhir 4-3 dan Slavoa menang agregat 6 - 5.

Satu tim lainnya yang lolos ke 8 besar ialah Benfica (Portugal) yang di leg kedua menang 3 - 0 atas wakil Kroasia Dinamo Zagreb. Benfica lolos dengan skor agregat 3 - 1 karena kalah 0 - 1 di Zagreb.

Sumber : Reuters