Bawa Barca Tekuk Lyon 5-1, Messi Disanjung Kawan & Lawan

Lionel Messi - Reuters/Sergio Perez
14 Maret 2019 12:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lionel Messi tampil menakjubkan pada leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Lyon di Stadion Camp Nou, Kamis (14/3/2019) pagi WIB.

Barcelona menang 5-1 dan melaju ke perempat final dengan agregat sama karena pertandingan pertama berakhir 0-0.

Lionel Messi memborong dua gol di pada menit 18 dan 78. Gol pertamanya diciptakan dari titik penalti dengan gaya Panenka. Gol kduanya dibikin dengan gerakannya yang khas, meliuk-liuk mengelabui bek lawan sebelum melepaskan tendangan akurat ke gawang.

Messi juga memasok asis untuk gol Gerard Pique di menit 81 dan Ousmane Dembele di menit 86. Satu gol lain dari Barca dilesakkan Philippe Coutinho di menit 36. Adapun satu-satunya gol Lyon diceploskan Lucas Tousart 58.

Ketika babak pertama berakhir, kedudukan masih 2-1 dan Barca bisa tersingkir jika Lyon mencetak gol balasan. Namun, di menit ke-78 Messi mencetak gol dan melegakan Pelatih Ernesto Valverde.

"Di Liga Champions, dua gol belum cukup dan pada akhir babak kedua kami bisa meraih posisi aman berkat tiga gol. Messi sangat menakjubkan di laga kali ini. Dia dan kami semua sangat fokus di kompetisi ini," ucap Valverde seperti dikutip Goal.

Messi seolah membalas kecemerlangan rival abadinya, Cristiano Ronaldo, yang sehari sebelumnya mencetak hattrick ke gawang Atletico Madrid. Meski tak membuat trigol, Messi sangat mendominasi permainan.

Messi juga mencatay rekor tampil untuk ke-131 kali di Liga Champions. Ia jadi pemain kedua yang paling sering tampil buat Barcelona, melebihi Andres Iniesta (130), tetapi masih di belakang Xavi (151).

Ia juga menjadi pemain pertama di Liga Champions yang bisa mencetak brace dan memasok dua asis di satu pertandingan. Rekor-rekor yang ia ciptakan meliputi: satu-satunya pemain yang terlibat dalam 10 gol di Liga Champions musim ini, yakni 8 gol dan 3 asis, mencetak 61 gol dalam 61 pertandingan Liga Champions di Camp Nou, selalu mencetak setidaknya 35 gol dalam 11 musim terakhir.

"Kami tahu laga ini akan sangat bergantung kepada Messi dan dia membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Dia tak terhentikan, bisa melakukan sesuatu yang pemain lain tak bisa. Dia jenius," ujar Pelatih Lyon Bruno Genesio.