Advertisement

Bundesliga: Bayern Munchen Kudeta Dortmund dengan Selisih Gol

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 10 Maret 2019 - 07:15 WIB
Budi Cahyana
Bundesliga: Bayern Munchen Kudeta Dortmund dengan Selisih Gol Bek Bayern Munchen Joshua Kimmich selepas mencetak gol ke gawang Wolfsburg. - Reuters/Michael Dalder

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Bayern Munchen mengambil alih puncak klasemen Bundesliga Jerman dari Borussia Dortmund. Kedua tim sama-sama memetik kemenangan di laga pekan ke-25, tetapi Die Roten lebih produktif.

Pada laga Sabtu (9/3/2019) malam WIB, Dortmund menundukkan Stuttgart 3 - 1, sedangkan Bayern menang lebih besar lagi yakni 6 - 0 atas Wolfsburg.

Advertisement

Kedua tim sama-sama mendulang nilai 57, tetapi Munchen memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Dortmund yakni 35 berbanding 33.

Kemenangan di Allianz Arena membuat klub Bayern kini berada di posisi terdepan dalam perburuan gelar juara yang mungkin akan ditentukan hingga laga terakhir, jika mereka dan Dortmund tampil konsisten di jadwal pertandingan tersisa.

Pesta gol Munchen baru dimulai pada menit ke-34 lewat pembukaan dari Serge Gnabry meski sejak kick off mereka tampil dominan dan agresif atas tamunya.

Berselang 3 menit kemudian Robert Lewandowski menggandakan keunggulan Munchen lewat gol pertamanya di laga tersebut berkat aksi rasional Gnabry yang menyodorkan bola di muka gawang.

Pada menit ke-52, giliran James Rodriguez yang mencatatkan namanya di daftar pencetak gol lewat aksinya menerima umpan kiriman Thiago Alcantara, melakukan dua sentuhan sebelum melesakkan bola ke sudut bawah gawang Wolfsburg.

Wolfsburg sempat mengancam gawang tuan rumah pada menit ke-57 lewat tembakan jarak jauh Maximilian Arnold namun kiper Manuel Neuer mudah menjinakkan bola yang datang.

Lantas Munchen menambah keunggulan mereka menjadi 4 - 0 pada menit ke-76 lewat tembakan sentuhan pertama Thomas Mueller yang menyelesaikan umpan kiriman Franck Ribery.

Unggul empat gol tak membuat mesin Munchen mengendur, mereka menambah gol lagi dalam kurun waktu tiga menit lewat Joshua Kimmich pada menit ke-82 dan Lewandowski pada menit ke-85.

Sementara itu, Borussia Dortmund meraih kemenangan 3 - 1 atas Stuttgart di Stadion Signal Iduna Park Dominasi yang diperlihatkan Dortmund tak membuahkan hasil hingga babak pertama usai sebelum akhirnya kebuntuan terpecahkan lewat titik putih pada menit ke-62.

Berawal dari insiden jatuhnya Jadon Malik Sancho di dalam kotak penalti Wolfsburg oleh Gonzalo Castro, wasit Benjamin Cortus meninjau video asisten wasit (VAR) sebelum menunjuk titik putih.

Marco Reus yang menjadi algojo dengan tenang melesakkan bola ke sudut kiri bawah gawang untuk membuka keunggulan Dortmund.

Namun, euforia keunggulan itu segera diredam oleh tim tamu yang menyamakan kedudukan 9 menit berselang.

Marc-Oliver Kempf sukses membuat publik Signal Iduna Park terdiam saat ia menanduk bola umpan silang kiriman Castro pada menit ke-71.

Beruntung para pemain Dortmund tak terpukul atas gol tersebut dan akhirnya bisa merestorasi keunggulan saat umpan sodoran Christian Pulisic berhasil diselesaikan dengan baik oleh Paco Alcacer untuk membawa tuan rumah kembali unggul 2 - 1 pada menit ke-84.

Pada masa injury time, Pulisic mencatatkan namanya di papan skor dengan menyelesaikan umpan dari Mario Gotze untuk memastikan kemenangan Dortmund menjadi 3 - 1.

Hasil pertandingan pekan ke-25 hingga Sabtu tengah malam WIB: Werder Bremen 4 vs Schalke 2; Bayern Munchen 6 vs Wolfsburg 0; Borussia Dortmund 3 vs Stuttgart 1; RB Leipzig 0 vs Augsburg 0; Freiburg 2 vs Hertha Berlin 1; Mainz 0 vs Gladbach 1

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 10 Maret:

21:30   Hoffenheim vs Nurenberg

Senin, 11 Maret:

00:00   Hannover 96 vs Bayer 04 Leverkusen

Selasa, 12 Maret:

02:30   Fortuna Dusseldorf vs Eintracht Frankfurt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement