Hasil Bundesliga: Bayern Samai Nilai Dortmund, Persaingan Bakal Sengit

Penyerang sayap Bayern Munchen Serge Gnabry - Reuters/Thilo Schmulgen
03 Maret 2019 12:40 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Persaingan menuju singgasana juara Bundesliga Jerman akan sangat sengit. Bayern Munchen menyamai nilai pemimpin klasemen sementara Bundesliga Borussia Dortmund setelah pesta gol di markas Borussia Monchengladbach.

Dalam laga pekan ke-24 pada Minggu (3/3/2019) dini hari WIB, Munchen menghancurkan tuan rumah Borussia Monchengladbach dengan skor 5 - 1 di Stadion Borussia Park.

Hasil tersebut membuat Muenchen mengoleksi 54 poin dan menyamai Dortmund di pucuk klasemen dan hanya kalah selisih gol 31 berbanding 29. Sehari sebelumnya, Dortmund kalah 1-2 di kandang Augsburg.

Bayern yang memenangi 11 dari 12 pertandingan liga terakhir mereka mencetak dua gol dalam 11 menit pertama melalui Javi Martinez dan Thomas Muller sebelum dua gol Robert Lewandowski pada babak kedua memastikan raksasa Bavaria tersebut menang mudah.

Glabdach kalah dalam tiga pertandingan kandang liga mereka secara beruntun dengan sedikitnya kemasukan tiga gol untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Munchen, yang terpaut 7 poin dari puncak klasemen beberapa pekan lalu, kini memiliki poin 54 yang sama dengan Dortmund, sedangkan Gladbach (43) harus turun ke posisi keempat, lantaran RB Leipzig (45) meraih kemenangan 1-0 atas Nurenberg yang menempati dasar klasemen.

Bundesliga Jerman masih menyisakan 10 pertandingan dan kejar-kejaran angka bisa berlangsung hingga laga terakhir.

Kala menghadapi Gladbach, Bayern sangat dominan. Lewandowski hampir mencetak gol setelah permainan berjalan 35 detik ketika tendangannya diselamatkan oleh kiper Yann Sommer.

Kemudian, gol tercipta berkat situasi tendangan sudut yang berhasil dimanfaatkan oleh gelandang Bayern Martinez dengan sundulannya. Munchen menggandakan keunggulan pada menit ke-11 setelah Muller menyambar umpan silang Serge Gnabry.

Bayern kemudian melewatkan beberapa peluang emas untuk memperlebar keunggulan, tetapi justru Gladbach mampu memangkas defisit gol melalui Lars Stindl pada menit ke-38.

Lewandowski mengembalikan keunggulan selisih dua gol 2 menit setelah turun minum. Gnabry lantas mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-75 sebelum Lewandowski mengunci kemenangan dengan penalti pada waktu tambahan.

Sementara itu, di kandang sendiri, Schalke 04 dihajar 0 - 4 oleh tamunya Fortuna Dusseldorf. Empat gol tamu di Veltins Arena di Gelsenkirchen dilesakkan Dodi Lukebakio dari titik penalti (35’), Dawid Kownacki (62’ dan 84’) serta Benito Raman (68’).

Kekalahan ini mendekatkan Schalke ke jurang degradasi, di slot ke-14 dengan nilai 23 atau hanya terpaut 7 angka dari Stuttgart di peringkat 16 yang merupakan setrip khusus untuk playoff promosi-degradasi melawan tim peringkat ketiga 2.Bundesliga.

Sementara itu, tambahan 3 angka menempatkan Dusseldorf di peringkat ke-11 klasemen sementara dengan nilai 31.

Hasil pekan ke-24 hingga Minggu dini hari WIB: Augsburg 2 vs Borussia Dortmund 1; Schalke 0 vs Fortuna Dusseldorf 4; Bayer Leverkusen 2 vs Freiburg 0; Eintracht Frankfurt 3 vs Hoffenheim 2; Hertha Berlin 2 vs Mainz 1; Nurenberg 0 vs RB Leipzig 1; Borussia Monchengladbach 1 vs Bayern Munchen 5.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

21:30   Stuttgart vs Hannover 96

Senin, 4 Maret:

00:00   Wolfsburg vs Werder Bremen.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia