El Clasico: Barca Menang Lagi, tapi Masih Banyak yang Harus Diperjuangkan

Para pemain Barcelona merayakan kemenangan di markas Real Madrid. - Reuters/Sergio Perez
03 Maret 2019 12:26 WIB M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Barcelona dua kali beruntun menekuk Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu. Setelah menang 3-0 di leg kedua semifinal Copa del Rey pekan lalu, Blaugrana menang tipis 1-0 di pekan ke-26 La Liga 2018-2019, Minggu (3/3/2019) pagi WIB.

Satu-satunya gol Barca disumbangkan oleh Ivan Rakitic pada menit ke-26 dengan memaksimalkan asis Sergi Roberto.

Hasil ini juga memperpanjang ketidakmampuan Madrid menundukkan Barca dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, dua seri dan empat kalah. Tiga dari empat kekalahan didapat Madrid dengan skor telak yakni dua kali 0 - 3 dan satu lagi 1 - 2. Dua hasil seri justru terjadi di Camp Nou, markas Barca.

Madrid sebenarnya punya banyak peluang bikin gol di Bernabeu tadi pagi, misalnya dari Luca Modric, Karim Benzema, hingga Vinicius. Namun, tembok Barca terlalu kokoh. Sebaliknya, Barcelona juga sangat efektif memanfaatkan peluang.

Sahibulbait melepaskan 17 upaya tembakan ke gawang lawan, berbanding 10 milik Barca. Sayangnya, dari 17 tembakan, hanya tiga yang akurat.

"Sama seperti pertandingan sebelumnya (di Copa del Rey ketika Madrid dihabisi 0-3), kami punya banyak peluang tetapi gagal memanfaatkannya. Sepak bola adalah tentang mencetak gol dan mereka lebih baik dalam hal ini," ujar Ramos dikutip dari BBC Sports.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Madrid di peringkat ketiga klasemen dengan nilai 48, berjarak 2 angka di belakang Atletico Madrid dan 12 angka di belakang Barca yang menempati pucuk klasemen.

"Tim ini selalu berjuang sampai menit akhir. Kami bisa mengimbangi Barcelona hampir di semua aspek, tetapi kesulitan mencetak gol," ujar Pelatih Madrid Santiago Solari.

Bagi Barcelona, kemenangan di Bernabeu memberi jarak yang longgar atas rival-rivalnya. Masih ada 12 laga tersisa dan jika bisa konsisten, Blaugrana akan merengkuh trofi dengan mulus.

"Masih banyak tantangan yang harus kami taklukkan di depan. Madrid masih bisa memenangi laga secara beruntun. Begitu juga Atletico. Kami harus hati-hati. Sampai secara matematis aman, kami harus tetap berjuang, tak boleh lengah," ucap Ernesto Valverde, Pelatih Barca.

Di laga lain, Sevilla terus terpuruk dengan menelan kekalahan ketiga beruntun di liga, parahnya, kali ini mereka alami dari tim penghuni dasar klasemen, Huesca, dengan skor tipis 1 - 2. Bahkan, dalam lima laga terakhir Sevilla tak mampu menang, hanya satu seri.

Dalam pertandingan di Stadion El Alcoraz di Huesca, kemenangan Huesca mereka peroleh melalui gol kedua yang menjadi penentu perolehan 3 angka yang dicetak ketika waktu tambahan atau injury time babak kedua telah berjalan 8 menit melalui kontribusi Ezequiel Avila.

Sebelumnya Huesca membuka gol pada menit ke-7 lewat Juan Pablo Anor dan disamakan Sevilla lewat eksekusi penalti Wissam Ben Yedder pada menit 84.

Rentetan hasil buruk ini menempatkan Sevilla kini di posisi keenam dengan nilai 37, sedangkan Huezca belum beranjak dari dasar klasemen dengan koleksi nilai 22, tinggal berjarak 3 poin dari zona aman.

Hasil pertandingan pekan ke-26 hingga Minggu pagi WIB: Rayo Vallecano 0 vs Girona 2; Espanyol 3 vs Real Valladolid 1; Villarreal 1 vs Deportivo Alaves 2; Huesca 2 vs Sevilla 1; Real Madrid 0 vs Barcelona 1.