Piala AFF U-22: Kalahkan Thailand 2-1 meski Sempat Tertinggal, Indonesia Juara

Pemain Indonesia merayakan gol Osvaldo Haay ke gawang Thailand - Antara/Nyoman Budhiana
26 Februari 2019 20:38 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Indonesia sukses menjuarai Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand 2-1 di final yang dihelat di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Gol Indonesia diciptakan oleh Sani Riski di menit ke-59 dan Osvaldo Haay di menit ke-64. Indonesia tertinggal lebih dahulu gol Thailand disarangkan  bek tengah Saringkan Promsupa lewat gol sundulan di menit ke- 57.

Di babak pertama, kedua tim bermain menyerang. Namun, tak ada gol yang tercipta. Indonesia mendapat peluang pertama mencetak gol di awal pertandingan namun tendangan pemain Timnas Garuda Muda dapat dihalau kiper Thailand dan hanya berbuah tendangan sudut.

Thailand mulai bisa menyerang selepas 15 menit babak pertama. Bahkan anak asuh Alexandre Gama nyaris mencetak gol lewat sepak pojok. Namun, peluang tersebut bisa digagalkan pemain Indonesia. 

Di babak kedua, Thailand unggul terlebih dahulu di menit ke-57 lewat gol sundulan  Saringkan Promsupa dari tendangan bebas.  Indonesia langsung membalas dengan cepat lewat gol Sani Riski setelah tendangannya membentur pemain Thailand di menit ke-59.

Indonesia akhirnya bisa berbalik unggul setelah Osvaldo Haay berhasil menyundul bola umpan dari Luthfi Kamal di menit ke-64.

Indonesia harus bermain 10 pemain setelah kapten Bagas Adi Nugriho melakukan tekel berbahaya di akhir laga. Namun, defisit jumlah pemain tak melemahkan Indonesia. Hingga akhir laga, skor tetap 2-1 dan Garuda Muda pun menjadi juara.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia