Advertisement

Kimmich Tak Bisa Hadapi Liverpool, Bayern Rugi Besar

Hanifah Kusumastuti
Jum'at, 22 Februari 2019 - 02:45 WIB
Budi Cahyana
Kimmich Tak Bisa Hadapi Liverpool, Bayern Rugi Besar Joshua Kimmich - Reuters/Wolfgang Rattay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Bek kanan Bayern Munchen, Joshua Kimmich, harus membayar mahal tekelnya terhadap penyerang Liverpool, Sadio Mane, pada menit ke-28 dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Anfield, Liverpool, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB.

Pelanggaran itu membuatnya terkena kartu kuning, hingga memaksanya tidak bisa tampil pada leg kedua di Allianz Arena, 13 Maret 2019 nanti karena saksi akumulasi kartu kuning. Padahal, Kimmich menjadi salah satu pemain vital di lini pertahanan Die Roten, julukan Bayern.

Advertisement

Kimmich beberapa kali mematahkan serangan Liverpool, terutama yang bermula dari sisi kanan pertahanan timnya. Dalam catatan Whoscored, pemuda 24 tahun ini melakukan tiga tekel, dua intersep, dan tiga clearance. 

Tak hanya itu, Kimmich juga rajin membantu serangan timnya dari sayap. Total, dia mengemas 13 assist dalam 32 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Hanya, tak ada assist-nya yang membuahkan gol dalam bentrok di Anfield kemarin. Mantan pemain Bayern dan Manchester United, Owen Hargreaves, pun menilai Bayern bakal rugi besar saat Kimmich absen pada leg kedua. 

"Kimmich menunjukkan dirinya pemain terbaik dalam dua musim terakhir. Hari ini di Anfield, dia bermain layaknya full-back Jerman yang kompeten. Kartu kuning tadi bisa berpengaruh besar, karena mereka perlu mencetak gol di kandang, dan dia membutuhkan sumber assist," jelas Hargreaves saat didapuk sebagai pundit BT Sport, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Sementara mantan pemain United lainnya, Rio Ferdinand, menilai Rafinha bisa menutup lubang di sisi kanan pertahanan Bayern yang ditinggalkan Kimmich. "Tanpanya akan menjadi kehilangan besar bagi Bayern, namun Rafinha bisa masuk, dia punya pengalaman, namun saya sepakat Kimmich pemain terbaik mereka di pos itu. Anda bisa lihat kecerdasannya hari ini, caranya menyerang adalah aset terbesar, namun dia tetap bertahan di belakang," jelas Ferdinand.

Sementara itu, editor Daily Mail, Ian Ladyman, memberi kredit khusus kepada Fabinho karena perannya menggantikan posisi Virgil van Dijk di jantung pertahanan Liverpool. Fabinho yang sejatinya berposisi sebagai gelandang dipaksa menjadi bek sentral karena Van Dijk terkena sanksi akumulasi. Namun, Van Dijk bisa kembali memperkuat The Reds pada leg kedua nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Soloposs

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement