Advertisement

Ini Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-22

M. Syahran W. Lubis
Kamis, 21 Februari 2019 - 18:50 WIB
Budi Cahyana
Ini Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-22 Dua pemain andalan Timnas Indonesia U-22, Rachmat Irianto (kanan) dan Gian Zola. - Antara/Nyoman Budhaian

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Indonesia U-22 masih punya harapan untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019 setelah bermain imbang di dua laga awal Grup B masing-masing 1 - 1 versus Myanmar dan 2 - 2 versus Malaysia.

Sahibulbait Kamboja memunvaki Grup B setelah mencatat kemenangan atas Malaysia dan Myanmar masing-masing 1 - 0 dan 2 - 0.

Advertisement

Dengan demikian, Kamboja menjadi tim pertama yang memastikan lolos dari Grup B ke semifinal, sedangkan di Grup A Vietnam dan Thailand sudah memastikan lolos pula ke fase empat besar setelah keduanya menundukkan Filipina dan Timor Leste.

Posisi teratas Grup B dipastikan menjadi milik Kamboja yang telah mendulang nilai 6. Indonesia di peringkat kedua dengan nilai dua, diikuti Malaysia dan Myanmar di posisi dua terbawah masing-masing dengan nilai satu.

Dalam matchday ketiga pada Jumat (22/2/2019), Malaysia dan Myanmar bertempur hidup mati untuk lolos ke semifinal dalam pertandingan yang dimulai pukul 15.30 WIB. Kemenangan pun belum menjamin satu dari dua tim itu lolos ke semifinal jika Indonesia menaklukkan Kamboja pada malam harinya.

Satu keuntungan Indonesia ketika menghadapi Kamboja ialah tim tuan rumah tersebut telah pasti lolos ke semifinal, terlebih lagi dengan status juara Grup B. Dengan demikian, logika gampangnya, Kamboja tidak akan bermain habis-habisan lagi sebagaimana mereka berhadapan dengan Malaysia dan Myanmar.

Terlepas dari apa pun yang menjadi hasil akhir Malaysia versus Myanmar, skenario terbaik ialah skuat asuhan pelatih Indra Sjafri menang untuk memastikan tiket semifinal dalam genggaman.

Skenario kedua Indonesia tetap lolos walaupun tidak menang ialah bisa menahan imbang Kamboja dengan skor berapa pun asalkan dalam pertandingan lain Malaysia dan Myanmar imbang.

Bahkan, skenario berikutnya, kalau pun Indonesia kalah dengan selisih satu gol, asalkan Malaysia dan Myanmar imbang dengan gol lebih sedikit dari yang dicetak Indonesia, skuat Garuda Muda tetap melaju ke semifinal.

Dengan nilai dua, selisih gol Indonesia saat ini 3 - 3, sedangkan Malaysia dan Vietnam dengan nilai nilai masing-masing memiliki selisih gol 2 - 3 dan 1 - 3.

Dengan demikian, jika Indonesia kalah 0 - 1 sedangkan Malaysia dan Myanmar seri tanpa gol, Indonesia masih unggul dalam produktivitas meskipun selisih gol sama-sama -1 dengan Malaysia.

Begitu pula dengan perhitungan selanjutnya, jika Malaysia dan Myanmar seri 1 - 1 dan Indonesia kalah 1 - 2, tetap Indonesia yang melaku ke semifinal, begitu pula perhitungan seterusnya.

*Berita ini telah dikoreksi pukul 20.44 untuk menyempurnakan konten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement