Preview Lyon Vs Barcelona: Mencari Pemenang Pertarungan Dua Dembele

Ousmane Dembele - Reuters/Sergio Perez
19 Februari 2019 11:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Delapan pemain dengan nama belakang Dembele merumput di liga-liga Eropa saat ini. Dua Dembele bakal bertarung pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions tengah pekan ini.

Dembele pertama adalah penyerang Lyon, Moussa Dembele, dan Dembele kedua adalah penyerang Barcelona, Ousmane Dembele. Keduanya tidak memiliki ikatan darah. Kebetulan mereka memiliki nama belakang yang sama. Namun urusan skill, keduanya bisa sama-sama bisa diandalkan tim masing-masing pada bentrok di Groupama Stadium, Decines-Charpieu, Rabu (20/2/2019) pukul 03.00 WIB.

Ousmane menjadi andalan di sisi kiri serangan Barcelona. Pemuda berusia 21 tahun ini bahkan menggusur Philippe Coutinho dari starting XI. Meski tidak sevital Lionel Messi dan Luis Suarez, Ousmane memiliki peran besar di lini serang Barca. Total, dia menyokong 10 gol dan empat assist di semua kompetisi musim ini. Dua gol di antaranya dilesakkannya ke gawang Tottenham Hotspur dan PSV Endhoven di fase grup Liga Champions.

Ousmane bersemangat ketika mengetahui timnya akan bertamu ke markas Lyon. Winger asal Prancis ini sekaligus bisa pulang kampung. Dia memiliki pengalaman berlaga di Ligue 1 saat membela Rennes pada 2014-2016. Namun, Ousmane baru sekali bertemu Lyon saat bersama Rennes. Hasilnya, timnya hanya bermain imbang.

Ousmane mengingatkan kepada rekan-rekannya di Barca untuk tidak menganggap remeh Lyon. Tim Ligue 1 itu membuat kejutan musim ini. Memphis Depay dkk. sukses menahan imbang Manchester City yang dipoles mantan pelatih Barca, Josep Guardiola, dengan 1-1 di Groupama Stadium, plus menang 2-1 di Etihad Stadium pada fase grup Liga Champions lalu. Di Ligue 1, Lyon juga sukses menjinakkan Paris Saint Germain (PSG) 2-1, 3 Februari lalu.

"Mereka tim dengan para pemain yang sangat bagus dan sangat sulit menang di sana. Mereka menunjukkannya musim ini, dengan menang melawan City dan PSG, kami harus waspada dan tidak boleh menganggap remeh laga ini," jelas Ousmane, seperti dilansir barcelonafc.com, Senin (18/2).

Barca sedikit mendapat angin segar karena Lyon tidak akan diperkuat salah satu pemain berpengaruhnya, Nabil Fekir. Gelandang serang berdarah Prancis itu terkena sanksi akumulasi kartu. Tapi, Lyon masih memiliki sederet pemain ofensif, seperti Depay, Bertrand Traore, plus Moussa Dembele. Moussa mengoleksi tujuh gol di Ligue 1 musim ini. Dia hanya kalah satu gol dengan Nabil Fekir yang menjadi top scorer sementara Lyon di Ligue 1 2018/2019.

Sayang, bek Barca, Samuel Umtiti, hampir pasti gagal bereuni dengan Lyon karena cedera. Ini seharusnya menjadi kepulangan pertama Umtiti ke markas Lyon sejak dijual ke Barca pada 2016 lalu. Umtiti sudah kembali berlatih. Hanya kondisinya disebut-sebut belum memungkinkan untuk dipasang sebagai partner Gerard Pique di jantung pertahanan raksasa Catalan. Meski begitu, Umtiti tetap memiliki peran dalam persiapan Barca ke kandang Lyon.

Barca memiliki rekor kurang menyenangkan dalam lawatannya ke Prancis. Dalam data uefa.com, tim berjuluk Los Blaugrana menang empat kali dan kalah empat kali pula dalam 11 kali lawatan ke negara tersebut. Tapi Barca bisa berharap tuah Lionel Messi. Penyerang berjuluk La Pulga mencetak tiga gol dalam empat pertemuan melawan Lyon.

Sumber : JIBI/Solopos