Advertisement

Putra Mahkota Arab Saudi Siap Gelontorkan Rp69 Triliun untuk Beli Manchester United

Budi Cahyana
Minggu, 17 Februari 2019 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Putra Mahkota Arab Saudi Siap Gelontorkan Rp69 Triliun untuk Beli Manchester United Mohamed bin Salman - Reuters/Andres Martinez Casares

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, menyiapkan 3,8 miliar paun atau setara Rp69 triliun untuk membeli salah satu klub paling terkenal di dunia, Manchester United.

Keluarga Kerajaan Saudi yang diperkirakan memiliki total kekayaan 850 juta paun atau setara Rp15.505 triliun mengharapkan keluarga Glazer, pemilik United sekarang, mau melepas saham mayoritas pada musim panas nanti.

Advertisement

Keluarga Glazer membeli United pada 2003 seharga 790 juta paun atau setara Rp14 triliun. Selama mengelola United, keluarga asal Amerika Serikat itu melunasi banyak utang klub.

Jika mau melepas kepemilikan MU ke keluarga Kerajaan Saudi, keuntungan yang akan diperoleh Glazer diperkirakan mencapai 2,2 juta paun atau setara Rp40,1 triliun.

Sebagaimana dilaporkan The Sun, Minggu (17/2/2019) sumber yang mengetahui pengambilan keputusan di Old Trafford mengatakan keluarga Glazer tak berminat menjual United. Namun, tawaran besar dari Saudi bisa mengubah pemikiran mereka.

Mohammed bin Salmen sudah tertarik membeli United pada Oktober 2018 lalu. Namun, rencana itu terhalang kontroversi pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki.

Nilai United sangat tergantung performa United di akhir musim ini. Jika Ole Gunnar Solskjaer bisa membawa Setan Merah lolos ke Liga Champions musim depan, Mohammed bin Salman siap menggelontorkan 3,8 miliar paun. Namun, jika United gagal ke kompetisi terelite di Eropa tersebut, nilai United akan anjlok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement