Advertisement

Regulasi Ganjal Danilo Fernando Jadi Asisten Pelatih di PSS Sleman

Jumali
Minggu, 17 Februari 2019 - 15:05 WIB
Jumali
Regulasi Ganjal Danilo Fernando Jadi Asisten Pelatih di PSS Sleman Danilo Fernando saat berbicara dengan Seto Nurdiyantoro - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Peran Danilo Fernando di PSS Sleman sebagai asisten pelatih pada kompetisi Liga 1 2019 kemungkinan sulit terealisasi.

Sebab, pria asal Brasil ini terbentur regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB), yang mewajibkan klub-klub Liga 1 mempekerjakan seorang asisten pelatih dengan syarat minimal mengantungi lisensi B AFC.

Advertisement

"Asisten pelatih sekurang-kurangnya sertifikat AFC B Coaching UEFA B License atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC yang dibuktikan dengan dokumen RECC (Recognition of Experince and Current Competence," bunyi pasal 31, regulasi penyelenggaraan Liga 1.

Adapun, Danilo Fernando tercatat sempat mengikuti lisensi C AFC yang digelar Federasi Sepak bola Brunei Darussalam pada 2017 lalu.

Dikonfirmasi Harianjogja.com, Minggu (17/2/2019, Manajer PSS Sleman Retno Sukmawati enggan banyak berbicara mengenai adanya aturan tersebut. Ia memilih diam dan enggan berbicara mengenai kemungkinan Danilo Fernando akan diposisikan menjadi tallent scouting seperti saat PSS mengarungi kompetisi Liga 2 2018 lalu.

Saat itu, manajemen PSS mendatangkan eks Manajer Borneo FC ini sebagai tallent scouting dan menyiapkan tim untuk Piala Indonesia 2018. Sedangkan jika Danilo Fernando diangkat menjadi Direktur Teknis, maka dipastikan akan terbentur regulasi dari PT LIB.

"Direktur Teknis sekurang-kurangnya sertifikat AFC B, Coaching UEFA B Licence atau yang setara mendapatkan pengakuan dari AFC yang dibuktikan dengan dokumen RECC (Recognition of Experince and Current Competence," lanjut pasal 31.

Menanggapi hal tersebut, Retno hanya mengungkapkan jika hal itu akan segera dijawabnya.

"Saya jawab nanti ya," ucap Retno.

Sebelumnya pada pertengahan Januari lalu, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengungkapkan jika dirinya merekomendasikan Danilo Fernando sebagai asisten pelatih. Selain Danilo, Seto juga merekomendasikan Listiyanto Raharjo sebagai pelatih kiper.

"Tinggal manajemen. Soal Danilo Fernando, apakah dia bisa, kita lihat jika musim kemarin bisa. Dia masuk rekomendasi, sekarang tinggal tergantung manajemen nantinya," katanya.

Danilo sendiri sudah bergabung dan mendampingi tim pelatih PSS Sleman, hingga hari ini. Hanya saja dari beberapa pertandingan terakhir di Piala Indonesia, nama Danilo tidak tercatat dalam daftar susunan pemain dan ofisial. Terakhir, nama Seto Nurdiyantoro dan Asep Ardiansyah tercatat dalam daftar ofisial dan susunan pemain saat PSS menjalani laga leg pertama melawan Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (15/2/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement