Advertisement

Mulai Tahun Ini, Tim Liga 1, Tak Terkecuali PSS, Wajib Punya 4 Tim

Newswire
Rabu, 13 Februari 2019 - 19:18 WIB
Budi Cahyana
Mulai Tahun Ini, Tim Liga 1, Tak Terkecuali PSS, Wajib Punya 4 Tim Ratu Tisha Destria (kiri) dan Indra Sjafri. - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Semua kontestan Liga 1 2019 wajib memiliki empat tim yang berlaga di kompetisi.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan mulai empat tim yang harus dimiliki peserta Liga 1 yaitu tim elite pro akademi U-16, U-18, U-20, dan senior.

Advertisement

“Hal itu termasuk program pengembangan pemain muda PSSI yang disahkan di kongres,” ujar Ratu Tisha di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Guna melancarkan program tersebut, PSSI menjalin komunikasi dengan semua klub. Kewajiban ini akan dibahas secara detail dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru, Senin (18/2/2019) pekan depan.

“Ini merupakan tantangan yang harus dibicarakan dengan duduk bersama dengan klub, terutama dari dari sisi logistik, investasi pengembangan usia muda, komitmen mereka seperti apa,” tutur Ratu Tisha.

Setelah menggelar Liga 1 U-19 pada 2017-2018 dan Liga U-16 pada 2018, PSSI terus menggencarkan kompetisi sepak bola usia dini.

Tahun ini, PSSI menjadwalkan adanya Liga 1 U-16, U-18, serta U-20 yang menggantikan U-19 yang harus diikuti oleh semua klub peserta Liga 1.

Menurut Ratu Tisha, tim-tim junior harus ikut kompetisi agar setiap anak Indonesia yang berbakat memiliki jalan yang jelas untuk menjadi pemain tim nasional.

Pengembangan pemain muda diawali dari Piala Soeratin di tingkat provinsi. Kemudian, yang terbaik dari sana akan menapaki jenjang elite pro akademi di liga U-16 ataupun U-18.

Di kompetisi level ini, para pemain terbaik akan diikutsertakan ke program Garuda Select yang diberangkatkan ke luar negeri selama beberapa bulan. Mereka yang akan menjadi cikal bakal timnas junior.

Pemain yang tak terpilij dapat melanjutkan karier di kompetisi kelompok umurnya masing-masih, entah di U-16, U-18, U-20 ataupun di Liga 1 Indonesia sebagai tingkatan tertinggi.

“Artinya mereka bisa terus berkompetisi walau tidak berada di timnas. Yang tidak masuk Timnas U-16, misalnya, dapat terus mengasah kompetisinya di liga untuk diseleksi ke Timnas U-18 dan seterusnya,” kata Ratu Tisha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement