Advertisement

Menpora Minta PSSI Dampingi Simic yang Terjerat Dugaan Pelecehan Seksual

Newswire
Selasa, 12 Februari 2019 - 21:25 WIB
Budi Cahyana
Menpora Minta PSSI Dampingi Simic yang Terjerat Dugaan Pelecehan Seksual Marko Simic - Antar/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, meminta PSSI mendampingi striker Persija Jakarta, Marko Simic, yang terjerat kasus dugaan pelecehan seksual di Australia menjelang laga kontra Newcastle Jets.

“Saya belum dapat laporan dari federasi. Hukum itu berlaku bagi siapa pun di negeri mana pun. Di mana kita berada, kita harus menghormati hukum di tempat itu, siapa pun itu,” kata Menpora selepas bertanding futsal bersama Komunitas Unik Berkarya Indonesia (UBI) di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Advertisement

Menpora mengatakan warga negara asing yang berada di wilayah Indonesia juga harus tunduk pada aturan hukum di Tanah Air sebagaimana warga Indonesia jika berada di luar negeri.

“Saya minta kepada PSSI untuk melakukan pendampingan, mengirimkan tim pengacara di sana serta melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia atau pun Konsulat Jenderal Indonesia di sana. Mereka adalah potensi yang kita miliki,” ujar Menpora.

Sebelumnya, Manajer Persija, Marsma TNI Ardhi Tjahjoko, mengatakan tindakan pelecehan seksual yang diduga penyerang asal Kroasia itu masih sekadar tuduhan.

“Benar memang ada tuduhan terjadi tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Simic. Namun demikian kami dan seluruh penumpang di dalam pesawat tidak ada yang menyaksikan kejadian tersebut. Jadi masih sekadar tuduhan,” ujar Ardhi.

Meski demikian, Ardhi menegaskan Persija menghormati seluruh proses hukum yang dijalankan Pemerintah Australia terhadap Simic.

Saat ini, Persija masih menunggu perkembangan kasus Simic dari aparat hukum Australia.

“Penyelidikan tengah dilakukan pihak berwajib dam kami sangat menghormati itu,” tutur dia.

Simic sempat dibawa ke kantor polisi pada Minggu (10/2), setelah Polisi Federal Australia (AFP) di Bandara Sydney menangkapnya atas dugaan pelecehan seksual terhadap seorang penumpang perempuan dalam pesawat dari Bali menuju Sydney, Australia.

Simic kemudian dilepaskan dengan jaminan dan telah menjalani persidangan di Pengadilan Lokal Downing Centre, Sydney, Selasa (12/2), beberapa jam sebelum dirinya bertanding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement