Gagal Menang di 3 Laga, Barcelona Kurang Komunikasi dan Kelelahan

Luis Suarez - Reuters/Vincent West
11 Februari 2019 15:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona gagal menang dalam dua laga beruntun di La Liga 2018-2019. Setelah pekan lalu ditahan Valencia 2-2, Azulgrana hanya bermain kacamata kala melawat ke markas Athletic Bilbao dalam laga pekan ke-23 di San Mames, Senin (11/2/2019) dini hari WIB.

Barca untuk kali pertama gagal mencetak gol musim ini. Masalah yang membelit Blaugrana lumayan kompleks dan harus segera diatasai karena rival abadi mereka, Real Madrid, makin mendekat.

Penyerang Luiz Suarez menganggap komunikasi antarpemain belakangan memburuk. Saat menghadapi sahibulbait Bilbalo, para pemain tak saling berbicara di babak pertama.

“Kami kurang berkomunikasi. Kami harus mengatasi masalah ini karena kami banyak menguasai bola tetapi, tetapi tidak berbicara satu sama lain sehingga hasilnya nihil. Detail-detail kecil seperti ini sangat penting,” kata Suarez dikutip El Mundo Deportivo.

Hasil seri melawan Bilbao merupakan pertanda dekadensi. Selain dua hasil imbang di La Liga, Barca juga mendapat hasil seri di Copa del Rey kala menjamu Real Madrid.

Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen believes menduga rekan-rekannya kelelahan sehingga tak mampu bermain optimal.

“Jadwal pekan ini sangat padat dan mungkin kami kecapaian,” ujat ter Stegen dikutip Marca.

Setelah pekan yang sangat sibuk kemarin, Barcelona sekarang punya waktu mengaso yang lebih longgar. Laga selanjutnya Barcelona adalah menjamu Real Valladolid di La Liga, Minggi (17/2/2019) dini hari WIB sebelum bertandang ke markas Lyon di Liga Champions, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB.

“Kami sekarang punya waktu untuk beristirahat dan mengevaluasi apa yang terjadi. Kami harus berbenah,” kata ter Stegen.