Prediksi Athletic Bilbao Vs Barcelona: Pique Bisa Kelelahan

Gerar Pique - Reuters/Albert Gea
10 Februari 2019 20:50 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gerard Pique menjadi elemen paling pending di skuat Barcelona musim ini. Eks bek sentral Manchester United itu menjadi pemain outfield (non kiper) yang mencaplok menit tampil paling banyak di Liga Primera Spanyol.

Tak tanggung-tanggung, Pigue total mencatat 1.980 menit selama 22 laga di Liga Spanyol 2018/2019. Dia satu-satunya pemain outfield yang tak pernah absen semenit pun dalam permainan Barca sejak Agustus untuk musim ini.

Pemain outfield yang bisa menandingi Pique hanyalah bek sentral Real Valladolid, Fernando Calero. Selain itu, ada tujuh kiper yang juga tak pernah absen semenitpun di Liga Primera musim ini, yakni Marc Andre ter Stegen (Barcelona), Jordi Masip (Valladolid), David Soria (Getafe), Jan Oblak (Atletico Madrid), Tomas Vaclik (Sevilla), Diego Lopez (Espanyol), dan Sergio Asenjo (Villarreal).

Jam terbang Pique di Liga Spanyol musim ini bakal bertambah jika dia dimainkan melawan Athletic Bilbao di San Mames, Barcelona, Senin (11/2/2019) pukul 02.45 WIB. Pique diharapkan mampu memimpin barisan belakang Barca menebus kegagalan clean sheet dalam pertemuan pertama musim ini, di Camp Nou.

Dalam duel di Camp Nou, September 2018 lalu, Barca hanya bermain imbang 1-1. Gawang Ter Stegen kebobolan terlebih dahulu oleh gol De Marcos sebelum akhirnya Munir menyamakan kedudukan di babak kedua. Pique memiliki rekor lumayan apik versus Bilbao. Dia membantu timnya merengkuh 22 kemenangan dalam 31 pertemuan. Pique juga mencetak dua gol dalam pertemuan versus Bilbao di semua kompetisi dalam kariernya.

Musim ini, Pique juga tak hanya membantu pertahanan timnya. Dia berkontribusi dalam serangan Blaugrana. Kekasih penyanyi Latin, Shakira, tersebut mencetak tiga gol musim ini, yanki saat Barca bermain imbang 2-2 melawn Girona, mengalahkan Villarreal 2-0, dan membungkam Levante 5-0.

Satu-satunya kelemahan Pique yakni ancaman kelelahan. Sebab, dia hanya memiliki waktu istirahat sekitar 3 hari setelah turun pada el clasico melawan Real Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB.

Pique juga bakal kehilangan rekannya di barisan belakang, Jordi Alba, yang harus absen karena akumulasi kartu di markas Bilbao. Bek kiri asal Spanyol ini merupakan pemain outfield Barca yang paling sering tampil setelah Pique. Alba mengemas 1.865 menit di lapangan.

Tanpa Alba, Pelatih Barca, Ernesto Valverde, kemungkinan besar akan memaksa bek atau gelandang kanannya, Sergi Roberto, ke sisi kiri pertahanan timnya. Untungnya, Barca bisa kembali memakai gelandang jangkar Sergio Busquets yang kembali dari sanksi akumulasi kartu. "Kami punya beberapa opsi, meski menggantikan Jordi Alba yang tampil fantastis sangatlah sulit," jelas Valverde seperti dilansir tribuna.com, Sabtu (9/2/2019). 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia