Sederat Kontroversi Pemanas Derbi Madrid

Atletico Madrid versus Real Madrid - Reuters/Sergio Perez
10 Februari 2019 20:00 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sederet insiden kontroversial menjadi bumbu penyedap El Derbi Madrileno antara Atletico Madrid dan Real Madrid di Wanda Metropolitano, Sabtu (9/2/2019) malam WIB.

Wasit Xavier Estrada Fernandez memanfaatkan VAR sebelum mengambil beberapa keputusan. Meski begitu aksi protes dari kedua kubu tak terhindarkan beberapa kali di lapangan.

1. Correa Melanggar Vinicus sebagai Gol Griezmann?
Antoine Griezmann mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 untuk Atletico dengan memanfaatkan umpa Angel Correa pada menit ke-25. Namun, kubu El Real protes karena sebelum memberi umpan ke Griezmann, Correa terlihat melakukan pelanggaran terlebih dahulu kepada Vinicius Junior. Sementara dari pengamatan VAR, Griezmann dalam posisi onside dan golnya disahkan.

2. Vinicus Dilanggar di Kotak Penalti atau Luar Kotak Penalti?
Madrid kembali memimpin 2-1 pada menit ke-42 melalui gol penalti Sergio Ramos. Wasit memberi hadiah penalti kepada El Real setelah Vinicus dilanggar pemain Atletico, Jose Maria Gimenez , pada menit ke-40. Kubu Atletico protes karena menilai Gimenez menjatuhkan Vinicus di luar kotak penalti sehingga harusnya mereka hanya dijatuhi hukuman tendangan bebas bukan penalti.

3. Casemiro Melanggar Morata?
Pada menit ke-66, gelandang Madrid, Casemiro tampak mendorong striker Atletico, Alvaro Morata di kotak terlarang. Kubu Atletico pun menuntut hadiah penalti. Namun wasit menolak memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah. "Memang ada kontak, namun ini bukan penalti karena tidak ada kontak keras," jelas Casemiro seusai laga.

4. Gol Morata Pantas Dianulir karena Offside?
Pada menit ke-54, Morata berselebrasi seusai merobek gawang Thibuat Courtois dengan tembakan lob. Namun, gol tersebut dianulir karena offside hanya beberapa inci.

5. Arias Harusnya Disanksi karena Menginjak Reguilon?
Pemain Atletico, Santiago Arias, menginjak pemain Madrid, Sergio Reugilon, hanya lima menit setelah laga berjalan. Namun wasit tidak mencabut kartu kuning atau merah.

6. Tepatnya Mengusir Thomas Partey?
Pemain Atletico, Thomas Partey, diusir keluar lapangan karena mengoleksi kartu kuning keduanya pada menit ke-80. Dia diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Toni Kroos. Sebelumnya dia mendapat kartu kuning pertama karena pelanggarannya kepada Reguilon. Partey komplain ketika diusir keluar lapangan.

Sumber : JIBI/Solopos