Hattrick Kontroversial Aguero Bawa City Taklukkan Arsenal 3-1

Sergio Aguero - Reuters/Darren Staples
04 Februari 2019 01:50 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sergio Aguero bermain apik kala Manchester City mengalahkan Arsenal 3-1 dalam laga pekan ke-25 Liga Premier Inggris di Etihad Stadium, Senin (4/2/2019) dini hari WIB. 

Aguero mencetak hattrick, meski kontroversial, dan mengantar City menang 3-1. Gol pertama striker kelahiran Argentina itu diciptakan secara kilat, saat laga baru menginjak 50 detik.

Berawal dari serangan cepat City ke jantung pertahanan Arsenal, bek tengah Aymeric Laporte mengirim umpan yang disambut Aguero dengan tandukan kepala. Bola sundulan penyerang 30 tahun itu tak bisa dihalau kiper Bernd Leno dan Arsenal tertinggal 0-1.

The Gunners membalas sepuluh menit kemudian. Lucar Torreira mengirimkan umpan sepak pojok. Bola diteruskan Nacho Monreal dan langsung disundul Laurent Koscielny untuk menyamakan kedudukan. Selanjutnya laga berjalan relatif imbang.

Namun, satu menit sebelum turun minum, City memulihkan keunggulan lewat serangan rapi. Di depan kotak penalti Arsenal, Ilkay Gundogan mencungkil bola mengirimkan operan kunci kepada Raheem Sterling yang langsung meneruskannya kepada Aguero yang berdiri bebas tepat di depan garis gawang Arsenal. Dengan mudah, Aguero mencetak gol.

Eks penyerang Atletico Madrid itu melengkapi kegemilangan dengan hattrick yang cukup kontroversial di menit ke-61. Aguero dengan gesit menjatuhkan diri menyambut umpan Sterling.

Dalam tayangan ulang, bola terlihat jelas mengenai tangan Aguero sebelum menggelinding melewati garis gawang Arsenal. Wasit tak menganggapnya pelanggaran dan tetap mengesahkan gol meragukan tersebut. Dibandingkan dengan kompetisi lain di Eropa, Liga Premier tergolong terbelakang karena belum memakai VAR. Situasi abu-abu di lapangan pun sepenuhnya bergantung pada pengamatan wasit.

Seusai laga, Aguero enggan banyak berkomentar ihwal gol ketiganya yang berbau handball.

"Saya tidak tahu. Tetapi saya lihat di tayangan ulang di televisi terlihat seperti handball," kata Aguero saat diwawancarai Sky Sports.

Ini adalah hattrick kesepuluh Aguero bersama City dan kian menegaskan status legendanya di Etihad Stadium.

Kemenangan atas Arsenal cukup menguntungkan untuk City. Citizens kini mengoleksi nilai 59, hanya terpaut dua angka dari Liverpool yang baru memainkan laga pekan ke-25 di kandang West Ham, Selasa (5/2/2019) dini hari WIB.

Jarak dua angka bisa memberi tekanan tersendiri untuk Liverpool, juga menguji mental juara mereka. Pekan lalu, Liverpool gagal mengatasi tekanan dan hanya bermain imbang kala menjamu Leicester.

Sementara, City makin percaya diri bisa menyalip The Reds.

"Kami harus terus berjuang di setiap laga dan kami sekarang harus memikirkan laga selanjutnya melawan Everton," kata Aguero.

City akan melawan ke kandang Everton, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB sebelum menjamu Chelsea tiga hari kemudian.