SERIE A: Kebobolan di Pengujung Laga, Juve Gagal Taklukkan Parma

Cristiano Ronaldo - Reuters/Alberto Lingria
03 Februari 2019 05:10 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Juventus membuang tiga angka kala menjamu Parma gara-gara kecerobohan di ujung laga. Dalam pertandingan pekan ke-22 Serie A 2018-2019 di Allianz Stadium, Juve bermain seri 3-3 meski sudah unggul 3-1 hingga seperempat jam menjelang peluit panjang ditiup.

Bekas striker Arsenal, Gervinho, menjadi mimpi buruk barisan belakang Juventus. Gervinho yang di awal musim didatangkan Parma dari klub Liga Super China, Hebei China Fortune, mencetak dua gol ke gawang Juve. Gol pertamanya diciptakan pada menit ke-74 dan memperkecil ketinggalan Parma dari 1-3 menjadi 2-3. Gol itu berbau bunuh diri. Bola sepakan striker Pantai Gading ini mengenai kaki Daniele Rugani dan berbelok arah sehingga masuk ke gawang Juve.

Gol kedua Gervinho adalah gol penyama kedudukan yang diciptakan di menit ke-92, dua menit sebelum pertandingan kelar. Kedudukan masih 3-2 untuk Juve dan berubah gara-gara kesembronoan Mario Mandzukic serta ketidaktangkasan kiper Mattia Perin. Awalnya, Mandzukic yang di laga ini memakai ban kapten menahan bola di dekat sudut lapangan. Dia kemudian membuang bola ke arah kotak penalti sendiri. Bola malah jatuh ke penguasaan gelandang Parma Mattia Sprocati yang langsung mengirimnya ke Roberto Inglese. Setelah menggocek sebentar, Inglese mengoper ke Gervinho yang tak terkawal.

Gervinho melepaskan tembakan keras tepat ke badan Perin, sayangnya Perin kurang cekatan. Bola yang dia tepis malah mengarah ke gawang sendiri dan Juve pun kebobolan.

Gol itu menghapus kerja keras Cristiano Ronaldo. Di laga ini, CR7 mencetak dua gol dan satu asis untuk Rugani.

Gol pertama dilesakkan Ronaldo pada menit ke-36 setelah menerima umpan Blaise Matuidi. Bola sepakannya menyenggol bek Parma Simone Iacoponi dan tak bisa ditampik kiper Luigi Sepe. Gol ini membawa Juve unggul 1-0 hingga jeda pertandingan.

La Vecchia Signora kembaki bikin gol di menit ke-62. Kali ini, Ronaldo memberi asis lewat sundulan yang langsung disambut tendangan voli Rugani sehingga kedudukan menjadi 2-0.

Dua menit kemudian, lini belakang Juve lengah dan Parma memperkecil kedudukan menjadi 2-1. Sami Khedira kurang gesit sehingga Antonio Barilla berdiri bebas menyambut umpan lambung Juraj Kucka untuk mencetak gol pertama Parma.

Juve unggul lagi tiga menit berselang. Ronaldo memanfaatkan aset terbesarnya, yakni ayunan kepala. Bola kiriman Mandzukic disundul dan memantul ke tanah sebelum menjadi gol.

Namun, Gervinho kemudian mencetak dua gol dan kemenangan Juve pun melayang.

Sudah dua pertandingan berturut-turut Juve gagal menang. Sebelumnya, La Vecchia Signora secara mengejutkan tumbang 0-3 dari Atalanta di perempat final Coppa Italia.

Di papan klasemen sementara Serie A, Juve masih ada di puncak dengan nilai 60, unggul sembilan poin dari Napoli yang dua jam sebelumnya mengalahkan Sampdoria 3-0. Pekan depan, Juve akan bertandang ke markas Sassuolo. Jika tak segera bangkit, bisa jadi jarak dengan Napoli akan kembali terpangkas. Napoli akan melawat ke Fiorentina di pekan-23.