Malam Pembantaian Tim Besar: Roma, Juve, & Chelsea Jadi Korban

Maurizio Sarri - Reuters/Matthew Childs
31 Januari 2019 11:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Kejutan besar terjadi di pekan ke-24 Liga Premier Inggris dan perempat final Coppa Italia, Kamis (31/1/2019) pagi WIB.

Chelsea yang sudah diperkuat Gonzalo Higuain dihajar Bournemouth empat gol tanpa balas di Inggris. Sementar, semifinalis Liga Champions musim lalu, AS Roma kalah tragis 1-7 di Coppa Italia. Juventus, penguasa kompetisi Italia dalam satu windu terakhir yang kini punya salah satu penyerang paling haus gol sepanjang sejarah sepak bola modern, Cristiano Ronaldo, dibabak Atalanta 0-3 di Coppa Italia.

Chelsea terlempar dari empat besar klasemen sementara Liga Premier 2018-2019. Adapun Juventus dan Roma tersingkir di perempat final Coppa Italia.

Roma yang bertandang ke Stadion Artemio Franchi di Firenze jadi bulan-bulanan sahibulbait Fiorentina dan tak bisa memberikan perlawanan.

Penyerang sayap Timnas Italia Federico Chiesa mencetak hattrick untuk Fiorentina pada menit ke-7, 18, dan 74. Federico adalah anak Enrico Chiesa, striker Timnas Italia di Euro 2000.

Sementara, Giovanni Simeone, putra pelatih Atletico Madrid Diego Simeone, mencetak dua gol. Dia menyumbang dua gol terakhir Fiorentina, keenam dan ketujuh, pada menit 79 dan 89 setelah baru masuk lapangan pada menit 73 menggantikan Luis Muriel yang mengontribusi gol ketiga pada menit ke-33.

Satu gol lainnya milik tuan rumah berjuluk La Viola alias Si Ungu disumbang oleh Marco Benassi pada menit ke-66  yang merupakan gol keempat anak asuh Stefano Pioli.

Satu-satunya gol milik tim tamu yang datang dari ibu kota dihasilkan oleh Aleksandar Kolarov pada menit ke-28 dengan memaksimalkan assist Stephan El Shaaraway yang sempat memperkecil ketinggalan anak asuh Eusebio de Francesco menjadi 2 - 1 sebelum datang lima gol berikutnya dari Fiorentina.

Penderitaan Roma bertambah setelah ujung tombak asal Bosnia, Edin Dzeko, pada menit 72 menerima kartu merah langsung, tanpa didahului kartu kuning, dari wasit Gianluca Manganiello saat timnya ketinggalan 1 - 4. Dia diganjar kartu merah setelah mendebat keras wasit.

Di Stadion Atleti Azzuri d'Italia, Juventus dilibas sahibulbait Atalanta 0-3. Striker Kolombia Duvan Zapata mencetak brace pada menit ke-39 dan 86. Satu gol lain dilesakkan bek kanan Belgia Timothy Castagne ketika pertandingan memasuki menit ke-37. Tak hanya kalah, Juve juga kehilangan bek tengah Giorgio Chiellini yang dibekap cedera otot. Chiellini ditarik keluar dan digantikan Joao Cancelo di menit ke-27. Bek 34 tahun ini akan absen saat Juventus menghapi Parma di lanjutan Serie A, Sabtu (2/2/2019) lusa.

Hasil ini menyingkirkan Juventus dan Roma dari Coppa Italia. Sebaliknya, Fiorentina dan Atalanta menyusul AC Milan ke semifinal. Rabu (30/1/2019) kemarin, Milan mengalahkan Napoli 2-0 lewat gol striker anyar Krzyzstof Piatek. Piatek didatangkan untuk menggantikan Gonzalo Higuain yang hijrah ke Chelsea.

Higuain bernasib buruk dalam laga debut Liga Premier bersama Chelsea. Dia diganti di menit ke-65 oleh Olivier Giroud dan menurut laporan goal.com, Higuain diteriaki beberapa fans Chelsea dan dituding tak tahu apa yang mesti dilakukan.

Debut Higuain adalag laga yang sangat memalukan. Chelsea menderita kekalagan terbesar, dihajar tuan rumah Bournemouth 0-4. Empat gol sahibulbait dibikin Joshua King di menit ke-47 dan 74, David Brooks di menit ke-63, dan Charler Daniels di menit ke-90.

Chelsea kini disalip Arsenal yang sehari sebelumnya mengalahkan Cardiff City 2-1. Kedua tim sama-sama mengoleksi nilai 47 dengan agregat gol sama, yakni surplus 17. Namun, Arsenal unggul head to head.