Ezra & Egy Absen di Piala AFF U-22, Indra Sjafri Malah Senang

Indra Sjafri - Antara/Indrianto Eko Suwarso
29 Januari 2019 21:40 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Absennya Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian tidak memengaruhi persiapan Indonesia menuju Piala AFF U-22. Pelatih Indra Sjafri tak keberatan dan mendukung dua pemain muda itu memantapkan karier di Eropa.

Indra Sjafri tak mempermasalahkan absennya Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri absen dari Piala AFF U-22 lantaran tak diberi izin oleh klubnya masing-masing.

Namun, Indra menegaskan keduanya wajib hadir ketika Garuda Muda berlaga dalam Kualifikasi Piala Asia U-23, Maret nanti.

“Sudah ada penjelasan resmi dari Sekjen PSSI. Sudah ada surat resmi dari klub mereka, mereka tidak bisa ikut,” kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan Timnas U-22 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1).

Indra maklum dengan tidak keluarnya izin dari klub tempat Ezra dan Egy bermain karena Piala AFF U-22 tidak diperhitungkan dalam sepak bola internasional.

“Ini bukan kalender FIFA juga, jadi saya memaklumi,” kata dia.

Indra menyatakan dirinya tidak kecewa dan bahkan turut bahagia karena absennya Ezra dan Egy menyiratkan tenaga keduanya dibutuhkan oleh klub masing-masing. Ezra kini merumput di RKC Waalwijk, klub Eereste Divisie atau kompetisi level kedua Liga Belanda. Adapun Egy bermain di Lechia Gdansk, kontestan Ekstraklasa, kompetisi kasta teratas Liga Polandia.

“Jangan cuma memikirkan timnas saja, perkembangan mereka di klub juga harus diberi ruang,” kata Indra.

Absennya Ezra dan Egy membuat skuat Timnas U-22 saat ini dihuni 28 pemain, termasuk Saddil Ramdani yang masih bersama klubnya Pahang FA di Malaysia dan baru bergabung pada 2 Februari.

Timnas U-22 akan dihuni 23 pemain terpilih yang bakal diboyong ke Kamboja untuk mulai berlaga melakoni pertandingan pertama penyisihan Grup B pada 18 Februari menghadapi Myanmar.

Selain mengikuti Piala AFF U-22, pasukan Garuda Muda juga akan bertanding pada fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret nanti. Selanjutnya, anak asuh Indra Sjafrie dipersiapkan tampil dalam SEA Games 2019 di Filipina.

Indra memastikan ketiadaan Ezra dan Egy tak akan mengubah skema permainan.

“Tidak bakal mengubah skema juga, karena mereka berdua kan belum ikut latihan,” ujar mantan pelatih Timnas U-19 itu.

Indra mengungkapkan absennya Ezra dan Egy akan membuka kesempatan lebih bagi para pemain yang saat ini mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-22.

“Saya tidak ada masalah, berarti akan ada kesempatan buat pemain-pemain yang lain,” ujarnya.

Indra juga tidak berencana untuk mencari pengganti Ezra dan Egy dari luar skuat yang saat ini sudah bergabung di pemusatan latihan.

Sumber : Antara