BUNDESLIGA: Tyler Adams, Harapan Baru Amerika di Liga Jerman

Tyler Adams - syfeed.com
28 Januari 2019 20:25 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Tyler Adams, gelandang Amerika Serikat berusia 19 tahun, merayakan debutnya di Bundesliga Jerman dengan meyakinkan. Adams bermain cemerlang dan membantu RB Leipzig menghancurkan tuan rumah Fortuna Dusseldorf dengan skor telak 4 - 0 dalam pertandingan penutup pekan ke-19, Senin (28/1/2019) dini hari WIB.

Empat gol Leipizig digelontorkan Yussuf Poulsen di menit kedua dan ke-16, Brahima Konate di menit ke-9, dan Konrad Laimer di menit ke-68. Adams yang didatangkan Leipzig dari klub yang juga dimiliki perusahaan Red Bulls, New York Red Bulls, awal bulan ini menyita perhatian meski tak membuat gol.

Adams berandil besar di gol pertama. Pergerakannya melahirkan tendangan sudut yang kemudian berbuah gol. Adams juga berperan di gol kedua. Dia menciptakan umpan kunci di menit ke-16 yang berujung pada gol Konate.

Menurut catatan Whoscored, selama 90 menit Adams 57 kali mengumpan dengan tingkat akurasi 80,7%, tiga tekel, tiga intersep, dan memenangi dua duel. Dia adalah bintang baru yang diramal bakal bersinar menyamai Christian Pulisic, pemuda Negeri Paman Sam yang tampil oke bersama Borussia Dortmund musim lalu dan sudah diikat untuk bermain di Chelsea musim depan.

Kegemilangan Adams membantu Leipzig bangkit setelah kalah 0 - 1 dari pemimpin klasemen Borussia Dortmund pada pekan ke-18. Leipzig kini mantap berada di posisi keempat klasemen dengan koleksi 34 angka, di bawah Dortmund 48, juara bertahan Bayern Munchen 42, dan Borussia Monchengladbach 39.

Sementara itu, Dusseldorf terus berkutat di papan bawah, tepatnya di peringkat ke-14 dengan mendulang nilai 21, sama dengan Freiburg yang berada satu setrip di atasnya, karena Dusseldorf kalah selisih gol -17 berbanding -8.