Advertisement

Barcelona Pagari De Jong Klausul Pelepasan Rp6,4 Triliun

Budi Cahyana
Jum'at, 25 Januari 2019 - 06:25 WIB
Budi Cahyana
Barcelona Pagari De Jong Klausul Pelepasan Rp6,4 Triliun Frenkie de Jong (kiri) bersama Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. - fcbarcelona.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona langsung memagari gelandang Frenkie de Jong dengan klausul pelepasan 400 juta euro atau setara Rp6,4 triliun.

Barca mendapatkan De Jong dengan biaya 75 juta euro yang bisa meningkat menjadi 86 juta euro tergantung performa gelandang 21 tahun tersebut. De Jong menjadi pemain termahal Belanda, mengalahkan Virgil van Dijk yang didatangkan Liverpool dari Southampton dengan biaya 84 juta euro.

Advertisement

De Jong akan datang ke Barcelona musim panas nanti dan dikontrak di Camp Nou selama lima musim hingga 2024. Dengan demikian, klub yang akan menggaet De Jong sebelum kontraknya habis kudu membayar biaya transfer kepada Barca sebesar 400 juta euro.

Klausul pelepasan De Jong masih kalah dari Lionel Messi yang dipagari dengan 700 juta euro maupun Gerard Pique, Busquets, Sergi Roberto dan Samuel Umtiti yang dipagari 500 juta euro.

Klausul pelepasan setinggi langit ini cukup masuk akal karena De Jong punya potensi besar. Barca bahkan harus berlomba dengan PSG, Juventus, dan Manchester City untuk mendapatkan jasa gelandang Timnas Belanda tersebut. Azulgrana berhasil menggaet De Jong karena keseriusan dan janji memberinya tempat di lini tengah.

“Mereka sangat serius dan saya punya lebih banyak kesempatan bermain di klub ini daripada klub lainnya,” kata De Jong dikutup dari goal.com, Kamis (24/1/2019).

Lini tengah Barca sekarang sudah mapan karena memiliki Busquets, Arthur, dan Ivan Rakitic. Posisi main De Jong sama dengan Busquets.

“Saya tidak datang ke Barca sebagai turis dan menonton Lionel Messi bermain. Saya tidak merasa bersaing dengan Sergio Busquets. Tetapi, saya pikir saya punya banyak kesempatan untuk bermain,” ucap De Jong.

De Jong akan menjadi pemain Belanda ke-20 di Barcelona dan mengikuti jejak mendiang Johan Cruyff serta pelatihnya di Timnas Belanda, Ronald Koeman.

“Sejak kecil saya selalu mengidolakan Barcelona dan semakin tertarik sejak Pep Guardiola mendatangkan banyak kesuksesan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement