CELEBRATION GAME : Tendangan Penalti Pemain Baru Bawa PSS Kalahkan Persis Solo 1-0

Pemain PSS Sidik Saimima mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Persis Solo pada Celebration Game di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (19/1/2019) sore. - Harian Jogja/Jumali
19 Januari 2019 20:10 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - PSS Sleman berhasil menang tipis 1-0 atas tamunya Persis Solo pada laga persahabatan bertajuk Celebration Game di Stadion Maguwoharjo, Sleman (19/1/2019) sore. Sebiji gol skuat Super Elang Jawa (Super Elja) dicetak oleh pemain yang baru saja bergabung yakni Sidik Saimima melalui titik penalti pada menit ke-80.

Tampil dihadapan 26.000 penonton, skuat Super Elja yang tampil dengan materi pemain lama, justru tidak maksimal di babak pertama. Beberapa peluang yang didapatkan oleh Bagus Nirwanto dan kawan-kawan belum mampu dikonversikan menjadi gol.

Peluang manis didapatkan PSS pada menit ke-26 melalui Rangga Muslim, namun masih membentur gawang Persis Solo. Sedangkan, peluang kedua di menit ke-32, sayang sepakan dari Slamet Budiono mampu dibendung oleh Sukasto Efendi.

Sebaliknya, Persis Solo dengan materi campuran pemain lama, bukan tanpa peluang. Beberapa kali Laskar SamberNyawa mampu menguasai permainan dan mengancam pertahanan PSS Sleman. Namun, cemerlangnya penampian Ega Rizky, kiper PSS membuat skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Masuk babak kedua, pembongkaran skuat dilakukan di tubuh PSS Sleman. Cristian Gonzales ditarik dan digantikan Qiscil G, begitu juga sejumlah pemain pilar PSS. Alhasil, PSS mampu mendominasi penguasaan bola.

Meski tampil tertekan, Persis Solo yang lebih banyak menerapkan serangan balik masih mampu mengimbangi permainan PSS Sleman.

Namun, petaka terjadi di menit ke-80. keputusan Zaenuri menjatuhkan pemain PSS membuat Ahmad Nur, wasit yang memimpin jalannya laga menunjuk titik putih. Sidik Saimima, pemain yang baru bergabung sehari sebelum pertandingan digelar, mampu mengeksekusi tendangan penalti dan mengubah skor menjadi -0. Skor 1-0 sendiri bertahan hingga akhir pertandingan.

Pelatih Persis Solo Agus Yuwono mengatakan meski kalah namun dirinya cukup puas dengan penampilan timnya. Sebab, ada perubahan cara bermain dari Laskar SamberNyawa yang berbeda dibandingkan di kompetisi lalu.

"Mudah-mudahan nanti jika ada tambahan pemain baru kita bisa lebih bagus lagi," katanya.

Sementara pelatih kiper PSS Sleman Listiyanto Raharjo mengaku puas dengan permainan timnya. Bejo-panggilan karib dari Listiyanto Raharjo menambahkan, jika di awal babak pertama dirinya sengaja memainkan pemain lama dan baru di babak kedua, sejumlah pemain baru dimasukkan. "Secara gambaran, pemain baru ini sudah memenuhi harapan, meskipun masih belum maksimal," terangnya.