Advertisement

PIALA ASIA 2019: Deretan Tim di 16 Besar

M. Syahran W. Lubis
Jum'at, 18 Januari 2019 - 20:25 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2019: Deretan Tim di 16 Besar Qatar merayakan keberhasilan lolos ke 16 besar Piala Asia 2019 - Reuters/Suhaib Salim

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Qatar menjadi juara Grup E Piala Asia 2019 setelah menundukkan Arab Saudi 2 - 0 dalam ketiga fase grup, Jumat (18/1/2019) dini hari WIB.

Di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, dua gol kemenangan Qatar ke gawang Saudi diborong bomber Amoloez Ali pada injury time babak pertama dan ketika pertandingan tersisa 10 menit, keduanya dengan assist Abdulaziz Hatem.

Advertisement

Dengan hasil itu, Qatar melaju ke 16 besar sebagai juara Grup E dengan nilai 9, didampingi Saudi sebagai runner up dengan koleksi 6 angka.

Di laga lain pada saat bersamaan, Lebanon menghantam Korea Utara dengan skor telak 4 - 1 di Stadion Sharjah di Kota Sharjah.

Namun, kemenangan itu tak berguna bagi Lebanon untuk membawa mereka lolos ke perdelapan final. Lebanon menduduki urutan ketiga klasemen akhir Grup E, tetapi gagal masuk dalam empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Putaran final Piala Asia 2019 diikuti 24 tim yang dibagi jadi enam grup dan setaip grup diisi empat tim. Juara dan runner up setiap grup lolos ke 16 besar, bersama empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup tersebut.

Dengan telah selesainya seluruh pertandingan fase grup, Lebanon hanya menduduki slot kelima dari enam tim yang finis di petingkat ketiga di enam grup. Empat tim peringkat ketiga yang ikut lolos ke 16 besar adalah Bahrain, Kirgistan, Oman, dan Vietnam. Satu tim peringkat ketiga yang tak lolos ialah Palestina.

Dengan demikian, dua dari tiga wakil Asia Tenggara yang masuk putaran final Piala Asia 2019 ini lolos ke 16 besar. Sebelumnya Thailand telah melaju ke perdelapan final sebagai runner up Grup A. Hanya Filipina wakil Asean yang kandas karena hanya menjadi juru kunci Grup C.

Indonesia tidak masuk putaran final Piala Asia 2019 karena memang tidak ikut bertarung di babak kualifikasi lantaran beberapa tahun lalu kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah dibekukan pemerintah.

Berikut 16 tim yang lolos ke fase knock out: UEA, Thailand, Bahrain (Grup A), Yordania, Australia (B), Korea Selatan, China, Kirgistan (C), Iran, Irak, Vietnam (D), Qatar, Arab Saudi (E), serta Jepang, Uzbekistan, dan Oman (F).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement