Menurut Xavi, Kimmich adalah Salah Satu Pemain Terbaik yang Cocok di Barca

Joshua Kimmich - Reuters/Axel Schmidt
17 Januari 2019 18:15 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Joshua Kimmich, pemain Bayern dan Timnas Jerman, punya pesona di mata banyak tokoh sepak bola berpengaruh. Usia Kimmich baru 23 tahun, tetapi permainannya sangat matang.

Posisi naturalnya adalah gelandang, tetapi ketika Bayern dibesut Pep Guardiola, dia berubah menjadi bek kanan. Peran baru itu yang kemudian mematri posisinya di Timnas Jerman. Musim ini, ketika Bayern sudah ditangani Nico Kovac, Kimmich kembali menjadi gelandang tengah dan kian piawai membaca serta mengatur irama permainan.

Xavi Hernandez, legenda Barcelona, sangat senang melihat permainan Kimmich. Dia menilai Kimmich sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang cocok bermain bersama Azulgrana. Xavi pun menyarankan mantan klubnya untuk memboyong Kimmich dari Bayern Munchen. 

Xavi menyatakan bahwa awalnya dia tak mengetahui siapa Kimmich saat diboyong Bayern Munchen dari RB Leipzig pada 2015. Dia lantas berbicara kepada Pep Guardiola dan akhirnya bisa memahami kehebatan si pemain.

"Saya berbicara dengan Pep Guardiola, mantan pelatih saya di Barcelona soal Kimmich. Saya sebelumnya tak pernah mendengar soal dia," ujar Xavi sebagaimana dilansir situs Bundesliga, Jumat (17/1/2019).

"Sejak saat itu, saya mengikuti terus perkembangan karirnya. Joshua adalah pemain masa kini dan masa depan untuk Bayern dan Jerman."

Fleksibilitas Kimmich dalam bermain membuat Xavi menilai si pemain memiliki kecerdasan dalam bermain. Menurut dia, Kimmich bisa menerapkan apa pun permintaan pelatih kepadanya. Visinya dalam bermain juga cukup tajam sehingga membuat dia cocok bermain untuk Barcelona.

"Dia bisa bermain di banyak posisi. Dia akan menjadi pemain yang sempurna untuk Barcelona. Dalam karir saya, saya selalu memuka mata mencari pemain yang cocok untuk Barca. Seperti juga Philipp Lahm, Joshua Kimmich tak diragukan lagi akan cocok dengan Barcelona tanpa masalah," ujarnya.

Bek kanan menjadi titik lemah Barcelona sejak kepergian Daniel Alves ke Juventus pada 2016 lalu. Azulgrana sempat membeli Aleix Vidal dari Sevilla, tetapi sang pemain gagal dan kembali dijual ke klub lamanya. Barcelona kemudian memainkan gelandang tengah Sergi Roberto di posisi tersebut. Musim lalu, Barcelona mendatangkan Nelson Semedo dari Benfica. Namun pesepakbola asal Portugal itu masih belum mendapatkan kepercayaan penuh dari Pelatih Ernesto Valverde.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia