COPA DEL REY: Atletico Tersingkir, Madrid ke 8 Besar

Striker Girona Christian Stuani (kiri) selepas mencetak gol kedua timnya ke gawang Atletico Madrid, disambut oleh Valery Fernandez, pencetak gol pertama. - Reuters/Sergio Perez
17 Januari 2019 09:30 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Langkah Atletico Madrid  di Copa del Rey terhenti di 16 besar, sebaliknya Real Madrid dan Sevilla melaju ke perempat final.

Dalam pertandingan leg kedua 16 besar di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada Kamis (17/1/2019) pagi WIB, tuan rumah Atletico berbagi skor imbang 3 - 3 melawan tamunya Girona.

Kedua tim sempat saling unggul. Atletico membuka skor pada enit ke-12 lewat Nicola Kalinic, tetapi Girona membalikkan kedudukan menjadi 1 - 2 melalui dua gol yang dilesakkan Valery Fernandez (37’) dan Christian Stuani (59’).

Selepas itu, giliran Atletico menjebol dua kali lagi gawang Girona lewat aksi Angel Correa (66’) dan Antoine Griezmann (84’) sehingga skor 3 - 2.

Jika saja skor 3-2 itu bertahan, maka Atletico yang melaju ke 8 besar karena unggul agregat 4-3 lantaran di leg pertama pekan lalu di ammarkas Girona keduanya berbagi skor imbang 1-1.

Namun, kenyataannya Borja Garcia menjadikan Girona mampu menyamakan kedudukan menjadi 3 - 3 hanya tiga menit menjelang laga usai sehingga skor agregat 4 - 4.

Oleh karena skor 1 - 1 di leg pertama, maka Girona-lah yang berhak melaju ke perempat final karena unggul produktivitas mencetak gol di kandang away (away goals). Alhasil, Atletico tersingkir meski tak menelan kekalahan dari Girona.

Sebaliknya, Real Madrid dan Sevilla masing-masing menelan kekalahan 0 - 1 di leg kedua, tetapi tetap unggul agregat sehingga melaju ke perempat final.

Di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Sevilla, tuan rumah menyerah dari Athletic Bilbao akibat gagal membalas gol tim tamu yang dicetak Gorka Guruzeta pada menit ke-77.

Walau demikian, Sevilla unggul agregat 3 - 2 dan melaju ke 8 besar karena dalam pertandingan leg pertama di Bilbao pekan lalu justru berhasil mencatat kemenangan dengan skor 3 - 1.

Begitu pula dengan Real Madrid yang menyerah 0 - 1 dari tuan rumah Leganes di Stadion Municipal de Butarque. Gol tuan rumah dicetak Martin Braithwaite pada menit ke-90, tapi itu tak membantu Leganes untuk tetap bertahan di trek perburuan gelar.

Madrid tetap melaju ke 8 besar karena dalam pertandingan leg pertama di Santiago Bernabeu pekan lalu mencatat kemenangan telak tiga gol tanpa balas sehingga skor agregat 3 - 1 untuk anak asuh Santiago Solari.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia