Barcelona Klub Paling Royal, Gaji Pemain Mencapai Rp9 Triliun

Luis Suarez - Reuters/Paul Hanna
15 Januari 2019 19:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Barcelona menjadi klub paling banyak mengeluarkan uang untuk pemain. Azulgrana menggelontorkan lebih dari 562.000 euro atau setara Rp9 triliun untuk menggaji pemain. 

Studi KPMG yang dirilis Selasa (15/1/2019) menganalisis kondisi skuat dan keuangan para juara di delapan liga teratas di Eropa. Dalam studi ini, anggaran yang dikaji meliuputi gaji pemain dan biaya transfer.

Barcelona, yang mendatangkan playmaker asal Brasil Philippe Coutinho dari kontestan Liga Primer Inggris Liverpool setahun lalu dengan mencatat rekor klub 160 juta euro, mengeluarkan biaya sebesar 562 juta euro dalam setahun.

Seiring dengan datangnya penyerang sayap asal Prancis Ousmane Dembele pada Augustus 2017 dan perbaruan kontrak sejumlah pemain, termasuk ikon klub Lionel Messi, pengeluaran di pos ini pun melambung.

Klub juara Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG) menjadi klub kedua dengan pengeluaran tertinggi, dalam setahun terakhir mencapai 332 euro atau meningkat sekitar 20% dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Pengeluaran yang meningkat terjadi pada tujuh tim juara liga teratas Eropa kecuali Manchester City, juara Liga Primer Inggris, yang malah menurun 5 persen.

Meski begitu, KPMG menyebutkan ManCity tetap tim dengan nilai tertinggi, yakni 1,182 miliar euro, sementara dua penyerang PSG, Neymar da Silva Jr dan Kylian Mbappe menjadi pemain dengan nilai tertinggi yakni berturut-turut 229 juta euro dan 215 juta euro, diikuti bintang Barca Lionel Messi 203 juta euro.

Sayangnya, Reuters tidak memerinci delapan liga mana saja yang diteliti KPMG. Namun, selama ini, enam liga teratas secara umum diketahui meliputi Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, Bundesliga Jerman, dan Eredivisie Belanda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia