PIALA ASIA 2019: 10 Tim Sudah Lolos ke Perdelapan Final

Penyerang Uzbekistan Javokhir Sidikov selepas menjebol gawang Turkmenistan. - AFC
14 Januari 2019 11:45 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Dari kuota 16 tim di perdelapan final Piala Asia 2019, 10 jatah sudah terisi.

Uzbekistan menjadi tim terbaru yang melaju ke 16 besar setelah menghancurkan Turkmenistan dengan skor 4 - 0 dalam pertandingan Grup F di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin (14/1/2019) dini hari WIB.

Keempat gol Uzbekistan dicetak oleh Javokhir Sidikov (17'), Eldor Shomurodov (24' dan 42'), serta Jaloliddin Masharipov (40').

Dengan hasil ini, Uzbekistan memuncaki klasemen grup dengan koleksi enam poin, sama dengan yang dimiliki Jepang, tetapi Uzbekistan unggul agregat gol. Adapun Turkmenistan berada di posisi juru kunci tanpa nilai.

Sidikov memulai pesta gol Uzbekistan pada menit ke-17 dengan menuntaskan umpan tarik Dostonbek Khamdamov. Shomurodov menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Dipicu kemenangan 6 - 0 Qatar atas Korea Utara pada pertandingan Grup E yang dimainkan beberapa jam sebelumnya, Uzbekistan mengandaskan lawannya dengan dua gol dalam 2 menit sebelum turun minum.

Masharipov kemudian menyambar bola liar untuk mengubah skor menjadi 3 - 0, sebelum Shomurodov mengecoh kiper Turkmenistan untuk mengemas gol keduanya di laga ini pada menit ke-42.

Otabek Shukurov hampir menambahi gol selanjutnya dengan sepakan jarak jauh pada pertengahan babak kedua, namun Turkmenistan mampu terhindar dari keterpurukan yang lebih dalam.

Dengan sukses melaju ke besar, fokus Uzbekistan sekarang adalah pertandingan terakhir mereka melawan Jepang, yang juga telah memastikan diri lolos, untuk memperebutkan peringkat teratas.

Sementara, Turkmenistan, harus mengalahkan Oman—yang juga belum mendapatkan poin di turnamen ini—untuk memelihara peluang melaju sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Hingga saat ini telah 10 tim memastikan lolos ke babak 16 besar yakni UEA (Grup A), Yordania (B), China, Korea Selatan (C), Iran, Irak (D), Qatar, Arab Saudi (E), serta Jepang dan Uzbekistan (F).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia