Advertisement

PIALA ASIA 2019: 10 Tim Sudah Lolos ke Perdelapan Final

M. Syahran W. Lubis
Senin, 14 Januari 2019 - 11:45 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2019: 10 Tim Sudah Lolos ke Perdelapan Final Penyerang Uzbekistan Javokhir Sidikov selepas menjebol gawang Turkmenistan. - AFC

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Dari kuota 16 tim di perdelapan final Piala Asia 2019, 10 jatah sudah terisi.

Uzbekistan menjadi tim terbaru yang melaju ke 16 besar setelah menghancurkan Turkmenistan dengan skor 4 - 0 dalam pertandingan Grup F di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin (14/1/2019) dini hari WIB.

Advertisement

Keempat gol Uzbekistan dicetak oleh Javokhir Sidikov (17'), Eldor Shomurodov (24' dan 42'), serta Jaloliddin Masharipov (40').

Dengan hasil ini, Uzbekistan memuncaki klasemen grup dengan koleksi enam poin, sama dengan yang dimiliki Jepang, tetapi Uzbekistan unggul agregat gol. Adapun Turkmenistan berada di posisi juru kunci tanpa nilai.

Sidikov memulai pesta gol Uzbekistan pada menit ke-17 dengan menuntaskan umpan tarik Dostonbek Khamdamov. Shomurodov menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Dipicu kemenangan 6 - 0 Qatar atas Korea Utara pada pertandingan Grup E yang dimainkan beberapa jam sebelumnya, Uzbekistan mengandaskan lawannya dengan dua gol dalam 2 menit sebelum turun minum.

Masharipov kemudian menyambar bola liar untuk mengubah skor menjadi 3 - 0, sebelum Shomurodov mengecoh kiper Turkmenistan untuk mengemas gol keduanya di laga ini pada menit ke-42.

Otabek Shukurov hampir menambahi gol selanjutnya dengan sepakan jarak jauh pada pertengahan babak kedua, namun Turkmenistan mampu terhindar dari keterpurukan yang lebih dalam.

Dengan sukses melaju ke besar, fokus Uzbekistan sekarang adalah pertandingan terakhir mereka melawan Jepang, yang juga telah memastikan diri lolos, untuk memperebutkan peringkat teratas.

Sementara, Turkmenistan, harus mengalahkan Oman—yang juga belum mendapatkan poin di turnamen ini—untuk memelihara peluang melaju sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Hingga saat ini telah 10 tim memastikan lolos ke babak 16 besar yakni UEA (Grup A), Yordania (B), China, Korea Selatan (C), Iran, Irak (D), Qatar, Arab Saudi (E), serta Jepang dan Uzbekistan (F).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement